Sabtu, 13 Juni 2015

Kacang sembunyi Karamel

Bismillah...afwan pagi2 ingin share camilan serba kacang, semoga menjadi inpirasi...camilan ini bikinx kemaren sore buat teman minum teh bareng keluarga...nama camilanx unik2 entah siapa yang pertama kali mempopulerkanx karena camilan ini sudah ada jaman ana masih esde (SD) dulu hehe, ana masih ingat ana sering bantu tante membuatx untuk dijual... Hmm... Camilan yang lagi main "petak umpet" satux kacangx lagi sembunyi satux lagi lagi ngintip2 hehe...kacang intip ada juga yang menyebutx kacang belimbing karena bentukx sekilas mirip dgn belimbing kalau kacang sembunyi khasx dikaramel dalam minyak jadi sewaktu menggoreng karamelx akan nempel sama kacangx dan minyakx tetap bersih bisa dipakai menggoreng kacang berikutx...  (senyum)... yukk ummah dicoba... cocok juga buat jualan...!!! 


Kacang sembunyi Karamel

(Modifikasi Resep mba Hesti HH)

Ala Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Bahan :
200 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm margarin,cairkan
1/4 sdt garam
 air secukupnya sampai adonan kalis (sekitar 75 ml)
1 sdm susu bubuk ( biar gurih resep asli g pake)
1 sdm tepung kanji/sagu (resep asli g pake)
kacang tanah secukupx
 minyak goreng 
gula pasir secukupnya 


Cara membuat : 
Campur tepung,garam,margarin hangat dan susu bubuk, tambahkan air sedikit sedikit sambil diulen sampai adonan menjadi kalis.sebelum digiling taburi tepung kanji secukupx biar teksturx renyah nantix 
Giling tipis menggunakan gilingan mie (ana gunakan no 2 dan 6). Potong segiempat sekitar 2x2cm. Lalu Beri isi kacang di sudut bawah tengah seperti gambar. kerjakan semua sampai habis.
Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil (biar karamelx g gosong nantix) Masukkan 2 sdm gula pasir. Aduk aduk sampai gulax mencair berwarna menjadi kuning kecoklatan (jgn sampai gosong) masukkan kacang sembunyi lalu aduk cepat agar tidak saling menempel dan balutan gulanya menjadi rata. Goreng dengan api sedang sampai garing dan kacang di dalamnya matang. Angkat dan tiriskan selagi masih panas, pisah2 menggunakan sendok agar tidak saling menempel.Setelah dingin simpan dalam toples kedap udara.



WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar