Rabu, 15 Maret 2017

PANGSIT GORENG ISI DAGING SIDAT

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Sebelum ke Resep ada baiknya kita mengulas tentang Sidat. Mungkin ada yang belum familiar dengan Ikan ini. Sidat atau Belut Laut atau Orang Bugis menyebutnya dengan Massapi atau bahasa latinnya anguilla sp bentuknya seperti ular. Namun secara biologis karena memiliki insang dan sirip dia masuk kelompok ikan.



Jarang sekali ikan ini dikonsumsi oleh orang pribumi. Meski demikian, jangan remehkan ikan ini dari bentuknya. Sebab kandungan nutrisi ikan ini berada di atas rata-rata semua jenis ikan. Bahkan, di Eropa, Amerika, dan Jepang ikan ini laris manis dan menjadi konsumsi dari kalangan menengah ke atas karena harganya cukup mahal.

Bahkan sebagian orang Jepang percaya bahwa dengan mengonsumsi ikan ini bisa menambah stamina dan memperpanjang umur. Meskipun terkesan hanya sebagai mitos, namun secara medis ikan ini memang memiliki kandungan nutrisi protein, karbohidrat, serta omega 3 yang tinggi. Sehingga menguatkan fungsi otak dan memperlambat terjadinya kepikunan.

"Ikan sidat merupakan menu paling mahal di Jepang disebut sebagai unagi. tahun 2000-an harga ikan ini di pasar 700 yen per ekor (saat itu sekira Rp490 ribu per ekor). Tapi kalau sudah diolah yang siap makan di restoran harganya 5.000 yen per porsi. Itu hanya orang kaya yang beli padahal hanya 1 potong," katanya...

Waktu Ke Pasar Ikan Bajoe ada yang jual Sidat, jarang2 loh yang jual.. murah lagii, 20 ribu rupiah..ana goreng kok g habis, mungkin karena bentuk yang menggelikan yah hehe,jadi ana Filet aja dagingnya buat isian pangsit goreng . masyaALLAH larisss...manisss..g ketahuan klw itu Sidat hehe..



*Pangsit Goreng Isi Daging Sidat*

*Bahan :*
Kulit Pangsit Instan secukupnya
Putih telur untuk perekat
Minyak untuk menggoreng
Saus sambel buat cocolan

*Bahan isi :*
300 gr Daging Sidat blender atau cincang halus
5 Siung Bawang putih
3 Siung Bawang merah
1/4 sdt Merica Bubuk
2 batang Daun Bawang
2 batang Daun Seledri
Kaldu bubuk secukupnya
2 sdm Tepung Tapioka
Garam secukupnya



*Cara Membuat :*
Dalam wadah campur semua bahan isi sisihkan, Ambil selembar kulit pangsit beri sesendok bahan isi, oles pinggirnya dengan putih telur lipat tekan dengan garpu pinggiran kulit pangsit biar melekat rapat, lakukan sampai adonan habis lalu panaskan minyak goreng hingga kuning keemasan,angkat sajikan dengan sambel cocolan..

🌼 *A la Ukhty Dian Bone*

Lihat juga resep yang lain diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

*باَرَكَ اللهُ فِيْكُم*ْ

*WA🍰DaPuR UmMaHaT🍰*

*🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar