Senin, 27 Februari 2017

INFORMASI DAN TIPS ; PEWARNA MAKANAN ALAMI

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


📚 INTIPS 📚


Pewarna Makanan Alami

Warna makanan kerap menjadi penggugah selera. Ada beberapa pewarna makanan alami yang bakal bikin masakan/kue makin cantik.
 Antara lain :

Merah

Agar masakan/kue bewarna merah, bisa memanfaatkan angkak atau mahkota bunga rosella. Angkak adalah hasil fermentasi dari beras merah. Seduh angkak dan mahkota bunga rosella di dalam air panas. Biarkan air berubah menjadi warna merah. Saring air tersebut lalu gunakan sebagai pewarna makanan.

Kuning

Untuk warna kuning, orang-orang biasa memanfaatkan kunyit. Kunyit adalah pewarna kuning alami yang punya segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kunyit juga merupakan pewarna kuning alami pada semua jenis masakan dan makanan.
Cara memanfaatkannya sangatlah mudah. Haluskan kunyit, tambahkan sedikit air lalu saring, buang ampasnya.


Hitam

Untuk warna hitam bisa memanfaatkan kluwek atau abu merang. Kluwek bisa digunakan untuk masakan seperti rawon atau semur. Sedangkan abu merang digunakan untuk warna kue. Cara menggunakan kedua pewarna alami ini sangat mudah. Untuk kluwek, pecahkan biji kluwek lalu ambil isinya,  campur dengan bumbu masakan. Sedangkan untuk abu merang, ambil abu merang lalu haluskan dan seduh pada air hangat. Saring lalu gunakan airnya sebagai pewarna kue.

Hijau

Daun suji atau daun pandan terkenal untuk mewarnai makanan agar masakan atau kue bewarna hijau.Caranya ; Ambil daun suji atau daun pandan lalu haluskan. Jika sudah campur dengan sedikit air, peras dan saring. Gunakan untuk membuat masakan/kue menjadi hijau. Selain itu daun suji/pandan bisa membuat masakan/kue beraroma wangi dan sedap.

🎀Sumber : Sedap (Kaltim Post/Februari 2016)

👒Ummu Daffa Bontang

Lihat juga resep yang lain diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

بَا رَكَ اللهُ فِيْكُنَّ

🍰 Dapur Ummahat 🍰

🌺 Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar