Kamis, 07 Mei 2015

MENGENAL BUMBU DAPUR (LENGKUAS)





Bismillah 〰〰〰〰〰

🍰Berbagi Tips dan Info🍰

🌰Mengenal Bumbu Dapur🌰

3⃣LENGKUAS

🌳Lengkuas merupakan salah satu jenis s dapur yang mudah dijumpai di Indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika didasarkan pada ciri fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan juga kunyit. Meski demikian, kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya.

🍀Lengkuas ini tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Karena itu jangan heran jika ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lengkuas untuk kesehatan manusia juga cukup beragam.

🌿Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yang tersimpan di dalam rimpang lengkuas ini menjadikan ia sebagai salah satu herba obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

🌱Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain:
Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor, meredakan radang, rheumatoid arthritis, meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut, meredakan diare, rematik dan juga sakit limfa.
Bi IDZNILLAH tentunya..

📚Sumber:
Wikipedia
http://akardanumbi.blogspot.com

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar