Minggu, 24 Mei 2015

MENGENAL BUMBU DAPUR (DAUN BASIL)




Bismillah...

🍰Tips dan Info🍰

🌰Mengenal Bumbu Dapur🌰

17. DAUN BASIL

🍃Basil (Ocimum basilicum),
Lamiaceae (mint family).
Kelompok genus Ocimum ini tersebar di sepanjang Asia, Afrika, Amerika tengah dan juga Selatan; kelihatannya asal dari tumbuhan ini adalah Benua Afrika yg kemudian menjadi tanaman yg dibudidayakan pertama kali di India.

🍂Bagian Tumbuhan yang digunakan adalah daunnya. keseluruhan daun basil digunakan termasuk pucuknya yang sering diambil dalam proses pemanenan. Musim panen yang cukup bagus adalah ketika basil belum berbunga. Daun Basil baiknya digunakan dalam keadaan segar, karena basil akan kehilangan ‘rasa khas’nya apabila sudah mongering selama seminggu.

🌱Biji basil dalam beberapa masakan Thailand juga digunakan, tapi aromanya berbeda dengan daun basil.


🍀Daun basil segar punya aroma yg sangat kuat, tidak dapat dibandingkan dengan herba lain meskipun ada semacam kecendrungan mirip dengan aroma cengkeh.

🌵Basil memiliki kandungan minyak esensial kurang dari 1% dan minyak ini dalam variasi yg berbeda-beda. Dalam beberapa varietas yang berbeda, penggunaan penggunaan pembasmi hama, kecendrungan musim, jenis tanah dan waktu panen, sangat menentukan kadar minyak baik dalam segi jumlah maupun komposisi minyak esensial itu sendiri. Dalam aroma basil, terkandung 1,8 cineol, linalool, citral, methyl chavicol (estragole), eugenol dan juga methyl cinnamate, meskipun kandungan ini tidak diketemukan dalam jumlah besar, namun pada kenyataannya semua jenis basil mengandung minyak essensial ini, terutama basil afrika yg juga mengandung kamper (kapur barus)

🌳Basil mediteranian adalah salah satu herba yg cukup terkenal, dan sangat penting untuk cita rasa makanan Mediteranian. Aroma  manis dan tajam secara lebih khusus sangat terkenal di Italia. Karena aroma basil mudah hilang dalam proses memasak, daun basil segar yg dicacah lebih sering ditaburkan di atas makanan dingin maupun panas sebelum disajikan.

🍛Resep terkenal yg berasal dari Italia yg menggunakan metode ini adalah Capri Salad (Insalata Capris). Salad ini berisi potongan tomat yg disiram dengan saus keju mozzarella yang creamy dan juga cacahan daun basil segar serta dibumbui dengan minyak zaitun kualitas terbaik. Di Italia utara, dimana tomat tidak terlalu asam maupun manis, resep salad ini biasanya ditambahi sejenis cuka lokal (aceto balsamico).

📚Sumber:

https://rizkymygift.wordpress.com/2010/03/23/basil-dan-oregano-2-herba-utama-khas-cita-rasa-pizza/

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍰Dapur Ummahat🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar