Jumat, 12 Agustus 2016

MENJAWAB BROADCAST MIRING SOAL COCA COLA SEBAGAI PEMBERSIH

بسم الله الرحمن الرحيم


MENJAWAB BROADCAST MIRING SOAL COCA COLA SEBAGAI PEMBERSIH

Benarkah demikian❓


📈  Investigasi :

🔰 detikcom menelusuri kabar tersebut di internet, hasilnya banyak tulisan dan video yang menunjukkan Coca Cola bisa untuk membersihkan closet dan karat pada benda metal. Namun belum dapat dipastikan apakah video dan artikel tersebut bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya mengingat pesan tersebut sudah di copy paste berkali-kali.

💡 detikcom juga bertanya soal informasi ini kepada Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono. Menurut Agus, minuman jenis softdrink bersoda biasanya mengandung beberapa jenis asam seperti asam karbonat, asam fosfat atau pun asam sitrat. Tentunya semua asam yang ditambahkan ke dalam soft drink ini adalah jenis asam yang berkualitas food grade.



✅ "Asam fosfat ditambahkan untuk memberikan cita rasa asam dan tajam. Asam karbonat ditambahkan untuk memberikan sifat asam sekaligus memberikan gas CO2 (H2CO3 CO2 + H2O). Asam sitrat adalah jenis asam yang bisa diambil dari tanaman sitrus, biasanya ditambahkan untuk memberikan cita rasa sitrus dan asam," kata Agus kepada detikcom, Jumat (4/3/2016).

〽 Agus mengatakan minuman berbagai jenis coke memiliki tingkat keasaman atau nilai pH berkisar antara 2-4, artinya pH tersebut cukup rendah dan cukup asam untuk bisa mengoksidasi kotoran yang menempel. Oleh karena itu minuman coke memang bisa membersihkan kotoran.

♻ "pH rendah minuman coke ini utamanya berasal dari asam fosfat yang lebih kuat (lebih tinggi nilai pKa nya) dibanding asam karbonat ataupun asam sitrat," ucapnya.

🌀 Meski begitu, asam yang terdapat dalam minuman coke ini masih tergolong asam lemah. Sama seperti halnya asam cuka yang biasa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.

➡ "Sama halnya dengan asam cuka yang sering kita konsumsi. Asalkan food grade, maka aman dikonsumsi. Jika berbahaya, tentu sudah dicabut izinnya oleh BPOM," terang Agus.

☑ Soal Coca Cola yang dikabarkan bisa untuk membersihkan kloset, Agus mengatakan bisa saja hal itu dilakukan karena kandungan asam fosfat  dan asam nitrat yang ada di dalam minuman bersoda bisa untuk membersihkan kotoran. Namun tidak akan terlalu efektif.

🚽 Membersihkan kloset biasanya menggunakan asam yang kuat seperti  asam nitrat atau asam klorida. "Kedua asam itu jauh lebih mampu untuk mengoksidasi atau membersihkan kotoran," katanya.

📎 Mengenai kabar minuman coke bisa melarutkan tulang dan gigi, Agus merasa info tersebut terlalu berlebihan. Diperlukan pembuktian lebih lanjut soal ini.

🔘 Kesimpulan:

🔳 Minuman bersoda seperti Coca Cola memang mengandung asam, yang salah satu sifat dari asam adalah untuk membersihkan kotoran. Namun tidak terlalu efektif karena tingkat asamnya masuk dalam level rendah.

🔲 Coca Cola sendiri mengandung beberapa jenis asam seperti asam karbonat, asam fosfat atau pun asam sitrat. Semua asam tersebut adalah jenis asam yang berkualitas food grade dan sudah mendapat izin dari BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi, selama tidak berlebihan. Dengan demikian, informasi soal Coca Cola berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung bahan pembersih adalah hoax.

📚 Sumber:  Detik dot com

بارك الله فيكن

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar