Minggu, 10 Januari 2016

Daun Pandan VS Daun Suji


بسم الله الرحمن الرحيم





Daun Pandan VS Daun Suji


● Daun Pandan
  
Pandan  adalah daun berwarna hijau yang sejak zaman dulu digunakan sebagai pengharum kue dan minuman tradisional. Daun pandan (Pandanus amaryllifolius) termasuk family dari pandanaceae atau keluarga pandan. Banyak sekali jenisnya, sebut saja daun pandan hutan yang sering dipakai sebagai bahan baku tikar, juga jenis pandan kecil beraroma wangi yang sering digunakan sebagai pewangi masakan. Selain memberi aroma, daun pandan bisa untuk pembungkus seperti pada kue talam Thailand atau ayam goreng pandan.  
  Daunnya hijau muda mengkilap, panjang seperti pita dan tulang daun di tengah. Tepinya bergerigi tajam pada daun yang tua. Fungsi utamanya sebagai pemberi aroma tanpa efek warna yang kuat. Sebenarnya daun pandan juga bisa memberikan warna hijau dengan cara menumbuk dan memeras airnya, tapi efek warna tidak sekuat daun suji. Warna netral dan efek rasa yang lembut dan wangi tidak merusak cita rasa bahan utamanya. Sehingga banyak digunakan untuk aroma pada hidangan.
       Untuk pengharum kue atau masakan, pilihlah daun pandan yang tidak terlalu tua atau muda. Potong kasar atau sobek-sobek daun pandan agar aromanya lebih kuat dibanding jika dibiarkan utuh. Aroma pandan mudah menguap, jadi untuk menjaga agar masakan tetap beraroma, maka penambahan daun pandan ke dalam rebusan masakan atau adonan kue dilakukan sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian.



● Daun Suji

Daun suji (Pleomale angustifolia) banyak digunakan untuk pewarna hijau masakan, kue tradisional dan minuman seperti cendol. Anggota keluarga tanaman perdu ini dapat mencapai tinggi 8 meter. Bentuk daunya memanjang dan tersusun meningkat, sesekali juga berbunga, karena keindahan bentuknya tanaman ini seringkali digunakan untuk tanaman hias, Aromanya khas meski tidak seharum daun pandan.
Sekilas bentuk daun mirip daun pandan, berwarna hijau tua, bentuknya runcing polos tanpa tulang tengah. Fungsi utamanya sebagai pewarna pada masakan.

Walaupun tidak seharum daun pandan, tapi daun suji merupakan pewarna hijau alami pada masakan. Cara menggunakannya dengan menumbuk halus, lalu diperas. Air dari daun suji ini yang dipakai untuk mewarnai masakan.

       Daun suji bisa juga digunakan sebagai pemberi aroma masakan, walaupun aromanya tidak seharum daun pandan. Untuk memunculkan aroma dan warna yang kuat, daun suji sering dicampur dengan daun pandan agar masakan maupun minuman yang dihasilkan lebih harum.



Dikutip dari berbagai sumber

DaPuR UmMaHaT

Baarokallohu fiikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar