Rabu, 09 September 2015

ROTI BERRE' (ROTI BERAS)


Bismillah... ini dia nih Roti gluten free Khas bugis, namanya Roti Berre' Berre' artinya beras, bukan berarti rotinya terbuat dari beras utuh yaa hehe tapi maksudnya tepung beras. Roti ini dibeberapa daerah di Sulawesi Selatan memiliki penamaan yang berbeda-beda ada yang menyebutnya roti panggutu (panguttu =wajan, karena dipanggangnya di wajan biasa), roti kempo, roti utti... yang jelas roti ini buatnya mudah dan mantap buat sarapan pagi...Roti ini kyknya  Mirip-mirip pancake dan serabi (Senyum)

Ala Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Bahan:
1 Glas Duralex Tepung beras
3 sdm Tepung beras ketan
4 buah Pisang kepok matang
1 Butir Telur
1 Sdm gulpas
1 Sdt Fermipan
1/4 sdt garam halus
450 ml air


Cara membuat:
Blender halus pisang kepok, sisihkan. Kocok lepas telur dengan gula pasir dan garam, masukkan pisang halus, tepung beras ketan dan biasa aduk dengan whisker tambahkan air dan fermipan aduk hingga tercampur rata diamkan selama 20-30 menit, panaskan wajan/ pan dengan api super kecil,oles minyak goreng tipis-tipis, tuang adonan kurang lebih 2 sendok sayur lalu,tutup. biarkan mengembang dan berpori lalu dibalik, jika matang sajikan, cocol dgn kuah palopo duren, karena ana lebih suka praktis ana sajikan dengan siraman susu karamel yang diencerkan dikit resepnya bisa lihat di sini ya.


Untuk kuah palopo' duren berikut resepnya:

Kuah Palopo' Duren

Bahan:
1 butir telur,kocok lepas
1 cangkir gula merah sisir halus
1 sdm gula pasir,s, ks
2 gelas  santan
1/4 sdt garam
3 biji daging durian
1/4 sdt vanili bubuk
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Caranya:  masak santan, gulpas,gulmer,garam, vanili sambil diaduk dan gula mencair, tambahkan buah durian aduk sampai mendidih masukkan kocokan telur sambil diaduk terakhir larutan maizena masak hingga meletup2, sajikan dengan roti berre' plus secangkir teh hangat...


WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar