Selasa, 28 Juli 2015

EKKADO


Ekkado adalah olahan/gorengan khas Jepang yang bentuknya menyerupai buntelan yang berisi cincangan daging ayam dan udang yang diberi telur puyuh rebus dibungkus dengan beancurd/kembang tahu lalu diikat dgn benang..
Ala Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Bahan:
100 gram udang kupas kulitnya
100 gram daging ayam,iris kecil2
10 butir telur puyuh rebus
2 lembar kulit kembang tahu, rendam air dingin hingga lemas, potong-potong ukuran 13 x 13 cm
1 batang daun bawang,iris halus
2 sdm Tepung sagu
1 butir telur kocok lepas
Benang kasur secukupnya untuk mengikat


Bumbu halus:
5 Siung bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
1 sdm saus tiram
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:
Proses daging ayam dan udang kedalam Food Prosessor/blender sampai halus pindahkan ke wadah campur dgn bumbu halus,daun bawang, tepung sagu dan telur kocok. Aduk rata.cicipi rasanya jika ada yg kurang tambahkan. Ambil satu lembar kulit kembang tahu isi dengan 1 sdm adonan isi, beri 1 butir telur puyuh.Satukan ujung-ujung kulit kembang tahu keatas dan ikat dengan benang menjadi bentuk buntelan lalu kukus dalam dandang panas selama 15 menit. Angkat.goreng dalam minyak panas hingga kulit kembang tahu garing dan berwarna coklat keemasan.sajikan dgn sambel botolan...

NB: Bisa juga dicelupkan di kocokan telur sblm digoreng dan ekkado ini termasuk frozen food jadi bisa dibikin banyak dibekukan dikulkas tinggal goreng kapan saja kendalanyanya jarang skali dijual kembang tahu yg utuh di swalayan/supermarket banyakan yang pecah2, kadang ada yg menggantinya dgn kulit pansit tp menurut ana yg pakai  kembang tahu lebih enakk..

WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar