Sabtu, 29 Agustus 2015

PEMPEK NASI


Bismillah...
Hari ini bikin Pempek tapi berbahan dasar nasi, karena semalam masak nasi lupa dipindahkan ditempat nasi, pas paginya mau digoreng qadarullah nasinya benyek tapi tidak basi (bahasa bugisnya nalisui sau hehe)...sayang banget dibuang. Karena nasinya banyak sebagian ana buat kerupuk nasi (Puli), sisanya dibuat Pempek Nasi... Pempek Kapal Selam dan lenjeran..

Ala Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Bahan:
500 gr nasi putih,kukus Haluskn denganer/FP atw ditumbuk
200 gr terigu,
1 sdt garam halus
5 siung bawang putih dihaluskan
2 sdm minyak sayur (ana minyak wijen)
Royco
Merica bubuk
400 gr sagu tani/kanji


Cara membuatnya :
Masukkan nasi yang sudah dihaluskan, garam, bawang putih, royco, merica bubuk dan terigu ke dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk dengan spatula kayu hingga tercampur rata dan meletup-meletup Matikan api.masukkan minyak goreng,tunggu hingga adonan dingin. Masukkan sagu tani/kani sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu lembek tapi masih agak lengket. Olesi telapak tangan dengan sagu tani/kanji agar adonan tidak lengket di tangan dan ambil satu sendok makan adonan.bentuk adonan bulat dan lubangi adonan tengahnyanya dengan jari telunjuk, isi dengan telur, setengahnya saja jangan sampai penuh,tutup lalu direbus hingga terapung di air mendidih yang dicampur 1 sdm minyak goreng dan angkat pempek, dan tiriskan. Bisa langsung dimakan atau digoreng lebih dulu. Hidangkan dengan saus cuko

Saus Cuko
Bahan :
1/2 blok gula merah
5 biji asam jawa
20 cabe rawit
3 siung bawang putih dihaluskan
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
Air secukupnya

Cara membuat:
Blender cabe rawit dan bawang putih, masukkan ke dalam panci. Tambahkan  Remasan air dengan asam jawa, gula pasir, gula merah, garam Masak hingga mendidih.

Penyajian:  potong pempek nasi dipiring siram dengan kuah cuko...sajikan...

WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar