Minggu, 01 Januari 2017

DANGE KHAS LUWU

بسم الله الرحمن الرحيم




Mengenal Dange, Makanan Pengganti Nasi khas Luwu Sulawesi Selatan

Dange adalah makanan tradisional masyarakat Bugis yang merupakan santapan sehari-hari masyarakat Luwu dan sekitarnya. Berbeda dengan Dange khas Pangkep yang terbuat dari tepung beras ketan,Dange khas Luwu ini terbuat dari sagu, menggunakan cetakan dari tanah liat berbentuk kotak-kotak atau disebut  DANGEANG proses pembuatan dange dimulai dari menjemur tepung sagu sampai kering setelah itu dangeang disiapkan dan dibakar sampai bagian cetakannya berwarna merah membara. setelah itu dangeang dikeluarkan dari api dan tepung sagu yang telah dikeringkan dimasukkan ke dalam dangean. setelah 5 menit dange telah matang dan siap dikeluarkan dari cetakannya.. awalnya dange akan lembut (dange kula') namun selang 24 jam kemudian akan teksturnya menjadi lebih keras dan siap dikonsumsi...Dange memiliki rasa yang hambar sehingga selalu disajikan bersama makanan lainnya seperti ikan dan sayur berkuah.



Teksturnya Dange agak kering beraroma khas sagu basah jika disiram dengah kuah ikan dan sayur tekturnya lumer dan bergelindir halus...MasyaALLAH enak seperti makan kapurung versi lain hehe...



Oia sedikit tambahan di Luwu, penganan berbahan dasar sagu cukup beragam, mulai dange (berbentuk pipih, pengganti nasi), kapurung (makanan khas masyarakat Luwu menyerupai pepeda), sinole  (sagu dicampur kelapa parut disangrai), dan lanya’ (menyerupai ongol-ongol, kue dicampur gula merah atau gula pasir), atau kue kering bagea.

Dari berbagai sumber dengan tambahan dari ana...

💐Ummu Muhammad Bone

Lihat Resep-Resep yang lain Di Blog 👇🏽
http://dapurummahat.blogspot.com

*بارك الله فيكن*

🍰DaPuR UmMaHaT🍰
🌺Menyajikan Aneka Resep Makanan Dengan Berbagai Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar