Rabu, 19 Agustus 2015

HOMEMADE KERUPUK DANGKE GURIH PEDASS

Bismillah... Bermula dari seorang ummahat di DU yang ingin dicarikan resep cara membuat kerupuk dangke, ana pun berusaha mencari info via internet namun tidak ada yang memuaskan,adanya hanya online shop kerupuk dangke dengan menyebutkan bahan-bahannya saja tanpa takaran...untungnya ada akhwat Bone yang akan walimahan yang mau membantu mendatangkan Dangke ke Bone lewat keluarganya yang akan datang menghadiri walimahnya dari Enrengkang tempat Dangke berasal. sekaligus dengan kerupuknya untuk ditester...hmm,bentuknya sama dengan kerupuk keju mungkin memakai cetakan yang sama tapi teksturnya sedikit berbeda,kerupuk dangkenya sangat rapuh jadi kelihatan seperti remahan-remahan kerupuk saja...ana pun mencoba membuat sendiri kerupuk dangke sesuai selera...yuk disimak semoga bermanfaat..
Ala Um Al Bugiziyyah Al Buniyyah Muhammad

Bahan:
3 cangkir Tepung beras ketan rose brand
1 cangkir air
5 siung bawang putih
2 cangkir kanji
1 bungkus Dangke,potong-potong
3 sdm gula pasir atau sesuai selera
1 sdm kaldu bubuk
1/2 sdt garam
5 buah cabe rawit utuh
Cara membuat:
Blender bawang putih dan cabe rawit dengan air sampai halus.
Masukkan dangke, gula pasir,kaldu bubuk dan garam blender lagi sampai halus lalu tuang ke panci.
Tambahkan 1 cangkir tepung beras ketan aduk dengan spatula kayu diatas api kecil hingga menggumpal angkat tuang dibaskom biarkan hangat.
Tambahkan tepung beras ketan dan kanji uleni sampai tdk lengket (gunakan sarung tangan plastik siap pakai) lalu tuang ke loyang dialas plastik kukus kurang lebih 30 menit angkat dinginkan.
Masukkan dikulkas hingga agak keras bisa diiris, keluarkan dan iris tipis-tipis lalu jemur hingga kering, kalau matahari terik bisa 2 hari jemurnya...
Goreng hingga kuning keemasan dinginkan dan taruh diwadah, jika menginginkan lebih pedas taburkan bubuk cabe kering setelah digoreng...

NB:
Gunakan Dangke yang aroma kejunya kuat dan rasax gurih tidak pahit
untuk ummah yang belum tahu tentang Dangke bisa lihat di link ini

WA🍰DaPuR UmMaHaT🍰





1 komentar: