Kamis, 19 November 2015

PAMPIS IKAN TONGKOL

بسم الله الرحمن الرحيم

Ala Ummu Atiiqoh

Cakalang pampis adalah salah satu masakan tradisional yang berasal dari Manado - Sulawesi Utara. Sajian ini berupa ikan cakalang yang disuwir-suwir dengan bumbu khas Manado. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan Manado sebenarnya bumbunya cukup sederhana tapi kaya akan rempah daun. Hal ini yang membuat cita rasanya jadi luar biasa enak. Untuk membuat pampis, sebenarnya tidak harus menggunakan ikan cakalang. Kita bisa memakai ikan yang mempunyai daging tebal dan durinya sedikit, contohnya adalah tongkol. Selain itu kita bisa memakai tenggiri atau kakap bila suka. Cakalang pampis ini juga bisa digunakan sebagai isian jajanan khas Manado, diantaranya adalah panada. 
Berhubung stok ikan yang ada hanya ikan tongkol, jadi ana buat pampisnya dari ikan tongkol, tapi rasanya tetap enakkk...
Untuk resepnya sebagai berikut.

Bahan :
- 7 ekor ikan tongkol segar (berat 1 1/2 kg)
- 5 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- 1 lembar daun pandan,buat simpul
- 1 lembar daun kunyit, rajang halus
- 3 batang daun bawang, rajang halus
- 2 genggam daun kemangi
- 3 sendok makan minyak untuk menumis


Bumbu Halus :
- 15 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai merah
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya
- 7 butir bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 3 cm jahe
- 2 cm kunyit
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya

Cara membuat :
Siapkan ikan tongkol, siangi dan cuci bersih. Jika ikan terlalu besar potong menjadi dua bagian. Lumuri dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Kukus/panggang hingga matang. Buang tulang dan suwir suwir.
Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, daun pandan, daun jeruk dan daun kunyit hingga wangi. Tambahkan air sekitar 100 ml, lanjutkan menumis.(Apabila pada saat bumbu diblender ditambahkan air makan bumbu tidak perlu diberi air lagi).
MAsukkan ikan suwir. Aduk hingga rata. Masak sampai air meresap. Tambahkan daun bawang dan daun kemangi. Masak lagi sampai daunnya layu. Kalau mau versi kering bisa ditumis terus sambil diaduk hingga pampis kering.
Angkat. Siap disajikan dengan nasi hangat.

Semoga Bermanfaat..

WA🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar