Senin, 15 Desember 2014

Pempek Kapal Selam



Pempek Kapal Selam
Ummu Hudzaifah Najwa

Bahan adonan pempek:
- 400 gram daging ikan tengiri atau ikan berdaging putih yang masih segar
- 200 ml air es
- 1/2 sendok makan garam
- 3 butir bawang putih
- 300 gram tepung sagu

Bahan kuah cuko :
- 5 butir cabai rawit haluskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 500 ml air
- 100 gram gula merah, sisir
- 100 gram gula aren
- 25 gram garam
- 100 ml air asam jawa dari 2 sendok makan buah asam atau 4 sendok makan cuka
Cara membuat cuko :
Didihkan air masukkan semua bahan aduk rata setelah mendidih angkat tunggu dingin lalu saring



Cara membuat pempek :

  1. Masukkan daging ikan tengiri, bawang putih, garam, dan air es kedalam blender atau food processor .Proses hingga halus.
  2. Tuangkan ke mangkuk, tambahkan tepung sagu, aduk dan uleni hingga kalis. Jika masih lengket tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu. Terus uleni hingga adonan tidak lengket ditangan.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, masing-masing bagian beratnya kira-kira 100 gram. Bentuk Bulat lalu menggelindingkannya di telapak tangan,
  4. Buat cekungan di tengah-tengah adonan,tekan-tekan dengan ujung-ujung jari hingga membentuk satu kantung yang memanjang. Tekan bagian dinding kantung agar padat dan kantung semakin membesar.
  5. Sebaiknya buatlah kantung yang memanjang dan bukan melebar. Karena semakin lebar kantung maka akan semakin panjang bagian tepi adonan yang terbuka sehingga membentuk pastel panjang.
  6. Pecahkan telur di mangkuk kecil, carilah telur dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tuangkan telur ke dalam mangkuk adonan, kemudian rapatkan ujung kantung yang terbuka hingga benar-benar rapat.
  7. Rebus air di panci hingga mendidih, masukkan pempek ke dalam air dan rebus hingga pempek mengapung dipermukaan air. Angkat menggunakan saringan kawat dan tiriskan. Lakukan hingga semua bahan habis. Setelah itu goreng.


Wa Dapur Ummahat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar