Senin, 09 Januari 2017

8 MANFAAT AMPUH BELIMBING WULUH UNTUK KESEHATAN

 بسم الله الرحمن الرحيم


┏🍃🔴━━━━━━┓
        INTIPS......
┗━━━━━━🔴🍃┛


🌿8 MANFAAT AMPUH BELIMBING WULUH UNTUK KESEHATAN🌿





Banyak banget loh manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan

🍐Buah yang sering kali disebut belimbing sayur ini adalah salah satu jenis belimbing yang digunakan sebagai penyedap makanan.

🍐Belimbing wuluh merupakan tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh secara bebas di Indonesia. Belimbing wuluh yang berbentuk bulat lonjong ini memiliki rasa asam yang kuat, sehingga sering digunakan ibu ibu untuk menguatkan rasa makanan mereka.

🍋Averrhoa Bilimbi L ( nama latin dari Belimbing wuluh ) ini mengandung beberapa vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menyehatkan badan, terutama vitamin C.

🍋 Selain berguna dalam tips kesehatan , sayur ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat di bidang kecantikan.

📝Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan
1. untuk Mengatasi diabetes
Caranya:
-Rebus 6 buah belimbing wuluh yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dalam segelas air
-Tunggu sampai air yang direbus tinggal setengah. Saring
-Minum rebusan air tersebut 2 kali sehari.

2. untuk batuk
Caranya dengan merebus buah belimbing wuluh beserta daun dan bunganya ke dalam air selama setengah jam, kemudian minum air tersebut.
🍹Berbeda untuk anak.
Caranya ialah dengan merebus segenggam daun belimbing wuluh beserta gula secukupnya ke dalam segelas air. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

3. Mengobati penyakit gondongan
Caranya, ambil 10 ranting yang masih muda dari pohon belimbing wuluh. Kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk bersama 4 butir bawang merah sampai menyatu dan halus. Gunakan hasil tumbukan tersebut sebagai obat dengan mengoleskannya di bagian yang sakit.

4. Mengobati hipertensi
Caranya dengan memotong 3 buah belimbing wuluh menjadi 3 bagian pada setiap buahnya. Kemudian rebus potongan potongan tersebut ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air saja. Saring dan minum ramuan tersebut setelah dibiarkan dingin sesudah sarapan di pagi hari.

5. sebagai obat sariawan
a. Kumur mulut dengan air rebusan segenggam bunga belimbing wuluh dengan campuran secangkir gula jawa. Dinginkan ramuan yang sudah mengental terlebih dahulu sebelum digunakan.
b. Sediakan 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang masih muda, dan ¾ sendok teh adas dan polasari. Tumbuk semua bahan sampai halus. Ambil airnya dengan cara menghaluskan dan campur dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Saring dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

6. untuk mengatasi pegal linu
Caranya ialah, sediakan segenggam daun muda belimbing wuluh, 15 biji lada, dan 10 biji cengkih. Kemudian giling semua bahan tadi sampai halus dan tambahkan sedikit cuka. Oleskan hasil ramuan tadi ke daerah tubuh yang pegal.

7. untuk jerawat
Caranya tumbuk 6 buah belimbing wuluh beserta ½ sendok teh bubuk belerang hingga halus. Lalu campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian oleskan ramuan tersebut ke bagian wajah yang berjerawat secara rutin 2-3 kali sehari.

8. Mengobati panu
Caranya dengan menumbuk hingga halus 10 buah belimbing wuluh beserta kapur sirih sebesar ibu jari tangan. Setelah tercampur rata, oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terkena panu 2 kali dalam sehari secara rutin.

Itulah beberapa manfaat belimbing wuluh yang berguna untuk kesehatan.

Biidznillah.


Dirangkum dari berbagai sumber

Lihat resep lainnya di blog http://dapurummahat.blogspot.com

 بارك الله فيكن


🍰Dapur Ummahat🍰

🌺Menyajikan Resep dengan Aneka Citarasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar