Sabtu, 03 Januari 2015

Mengenal Jenis-Jenis Asam

Bumbu Dapur.... (Asam-asaman)

"Asam" adalah nama umum yang dipakai untuk semua bumbu dapur pemberi rasa masam pada masakan



1. Asam kandis (Garcinia xanthochymus)
Adalah jenis asam yang sering dipakai dalam dapur Sumatera. Aroma harumnya yang khas membuat masakan rendang, kari dan aneka gulai semakin sedap.

Sebagian orang menyebutnya sebagai mangga hutan, walaupun sesungguhnya bentuk asam kandis tidak persis menyerupai mangga. Daging buah mangga hutan ini diiris-iris kemudian diawetkan dengan cara pengeringan sampai berwarna kehitaman, hingga menjadi kepingan kering berwarna hitam dan harum.

Asam kandis bisa dimasukkan langsung ke dalam masakan, ketika sudah menjelang matang. Sayur asam yang dibuat dengan campuran asam kandis akan menghasilkan sayur yang beraroma unik namun tetap sedap.

2. Asam Jawa
Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek.

Nama Tamarindus dan tamarind diturunkan dari bahasa Arab تمرهندي tamr hindī. Artinya kurang lebih: kurma India.

3. Asam Mangga
Asam mangga mungkin tidak sepopuler asam jawa atau asam kandis, asam ini dikenal di Bone, diolah dari mangga muda yang dikeringkan sebagai pengganti asam jawa saat membuat masakan kuah ikan atau menghilangkan amis ikan saat akan digoreng (pengganti jeruk nipis)
cara membuat asam mangga pun mudah sekali:
Kupas mangga kecil2 kemudian iris memanjang setelah itu baru dicuci lalu tiriskan
Beri garam aduk hingga tercampur jemur hingga kering
Simpan di toples kedap udara siap di gunakan kpn saja...



5. Asam Sunti adalah sejenis bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan, diberi garam lalu dijemur diterik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama. Biasanya bumbu dapur ini digunakan untuk memasak makanan khas Aceh seperti Keumamah. Asam sunti biasa digunakan untuk memasak kuah asam pedas, kari, dan juga untuk asam atau sambal

sumber: wikipedia.com dan sedikit tambahan dari admin DaPuR UmMaHaT...



WA🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar