Kamis, 01 Desember 2016

JAPANESE COTTON CHEESE CAKE (JCCC)

بسم الله الرحمن الرحيم




Bahan A:
250 gr cream cheese (ana pake 240 gr)
150 ml susu cair/susu evaporated
60 gr mentega/butter

Bahan B:
6 kuning telur
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk lemon

Bahan C:
6 putih telur
1/2 sdt tepung maizena
130 gr gula pasir (sebaiknya gula bebutir halus/gula kastor)



Cara Membuat:
1. Bahan A: Tim cream cheese dan susu cair hingga meleleh dan jangan sampai mendidih. Tambahkan butter, aduk sampai butter meleleh. Aduk rata lalu angkat dan sisihkan.
2. Setelah hangat, tuang ke dalam Bahan B, aduk kedua campuran tersebut hingga rata dan halus. Jika masih ada yang bergerindil bisa disaring.
3. Bahan C: kocok dengan mixer putih telur, tambahkan 1 sdt tepung maizena dan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang (soft peak).
5. Tuang sedikit demi sedikit Bahan C ke dalam adonan campuran tepung, aduk rata. Tuang lagi sisa Bahan C ke dalam  campuran tepung hingga habis. Kemudian aduk perlahan hingga tercampur rata (sistem aduk balik).
6. Tuang ke dalam loyang bulat bongkar pasang diamter 22 cm yang dialasi kertas roti dan tanpa diolesi margarin. Rendam loyang berisi adonan ini ke dalam loyang kotak berisi air (di tim dalam oven/au bien marie)
7. Lalu oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 1 jam, atau sampai matang sesuai karakter oven masing-masing, bisa kurang atau lebih waktu matangnya.
8. Setelah matang, keluarkan dari oven...letakkan diatas rak pendingin. Tunggu sampai dingin...atau masukkan kedalam kulkas beberapa waktu lalu siap untuk dinikmati.

Selamat Mencoba...

Note: tadi ana pakai loyang 18 cm jadi agak tebal dan matangnya lama. Ana taruh sebagian diloyang kecil jadinya matang duluan

Source: Christines' Recipes
Resource: Ita-DapurGriyaKhayangan

🌹 Ummu 'Abdillah Darma

Lihat juga resep-resep yang lain diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

بارك الله فيكن

🍰Dapur Ummahat🍰

🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar