Sabtu, 22 Agustus 2015

LINZER TORTE


Bismillah...
Linzer torte (torte = tart), merupakan Austrian torte dengan design berupa ornamen bersilang pada permukaan kue (lattice design). Nama linzer diambil dari kota Linz, Austria. Linzer torte merupakan jenis pastry dengan kulit atau crust yang remah, terbuat dari tepung, mentega, kuning telur, parutan kulit jeruk lemon, kayu manis, jus lemon, dan kacang yang dihaluskan, biasanya hazelnut, tetapi terkadang walnut dan almonds juga digunakan, lapisan pastry ini kemudian ditutup dengan selai redcurrant, selai plum, selai raspberry yang kental, atau selai apricot. Tart kemudian diakhiri dengan ornamen (lattice) yang terbuat dari adonan pastry yang sama. Adonan ini digilas hingga tipis, dipotong-potong memanjang seperti pita dan kemudian ditata bersilang pada permukaan kue. Pastry kemudian dioles dengan telur, dipanggang dan terkadang ditaburi irisan almond pada permukaannya.  Karena hazelnut,walnut dan almond. Karena didaerah kita kacang-kacang tersebut jarang dan harganya sangat mahal hehe maka ana ganti dengan kacang tanah, kacang mede pun bisa...kacang tanah ini masih dan masih sisa bikin kapurung di rumah um abdillah (senyum)...jazaakillahu khoir um abdillah, masyaa ALLOH kacang banyak um hehe, begitu dikasih sekantong kacang tanah, yang terbayang adalah mengeksekusi si Linzer torte ini, tapi lama baru smpat dibuat... ngumpulin semangat dulu (senyum)
A la Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah


Bahan:
3 cangkir kacang tanah cincang, (sangrai tanpa minyak, buang kulit arinya, cincang halus dengan FP atau cooper, dry mill juga bisa tapi jangan terlalu halus)
21/2 cangkir tepung terigu
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt garam
1 sachet/200gr mentega dingin dan keras baru saja keluar dari kulkas. Potong kotak kecil
1 cangkir gula pasir berbulir halus
2 butir telur
1 sdt ekstrak lemon atau parutan kulit jeruk lemon (ana skip)


Bahan isi:
125 gr selai strawberry
4 sdm breadcrumbs

Olesan:
1 kuning telur + 1 sdt air

Cara membuat:
Siapkan FP atw cooper masukkan tepung terigu, kayu manis dan garam,Tambahkan potongan mentega dingin/beku proses hingga beremah-remah berbulir-bulir halus pindahkan dalam wadah
Tambahkan kacang tanah dan gulpas aduk rata. masukkan telur aduk dengan spatula hingga menjadi adonan kasar.Panaskan oven, Siapkan loyang lapisi kertas baking atau oles mentega tipis-tipis. ambil adonan bagi 2 bagian. Beri porsi yang agak banyak untuk adonan dasar tart. Masukkan adonan di loyang Tekan-tekan dengan telapak tangan yang dialasi plastik hingga memenuhi loyang.Panggang adonan di dalam oven hingga adonan menjadi agak mengeras dan sedikit kuning keemasan. Keluarkan dari oven tuangkan selai yang campur tepung roti di permukaannya ratakan dengan spatula sehingga menutupi seluruh permukaannya. Sisihkan.
Ambil adonan letakkan di atas plastik bening atau kertas baking di permukaan meja. Gilas agak tipis jangan terlalu tipis biar mudah ditata lalu Potong-potong adonan selebar 1 cm lalu angkat potongan adonan dan tata di permukaan kue, dimulai dari sudut kiri dan kanan Jika adonan putus, sambungkan kembali dengan potongan adonan nanti akan menyatu dan tidak terlihat saat dipanggang, oles dengan kuning telur panggang sampai kecoklatan, keluarkan dari oven dan diamkan hingga benar-benar dingin sebelum kue dipotong. gunakan pisau tajam untuk memotong...


WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar