Jumat, 13 Februari 2015

Lemon cui


Lemon cui atau lemon Cina yang memiliki nama ilmiah Citrus microcarpa memang masih terdengar kurang popular. Lemon cui banyak ditemui di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Penggunaan lemon cui erat kaitannya dengan kebiasaan orang Manado atau Sulawesi Utara pada umumnya yang sangat senang mengkonsumsi ikan laut, sehingga menjadikan lemon cui ini sangat akrab dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.



Bentuknya bulat kecil seperti jeruk nipis namun lemon cui bisa dikupas seperti jeruk pontianak karena kulitnya tidak setebal jeruk nipis. Rasa lemon cui asam segar dan berbau harum, oleh sebab itu maka lemon cui sering dipakai untuk bahan masakan yang membantu menetralisir bau amis pada ikan. Jeruk yang memiliki banyak air ini pun dikenal dengan nama jeruk calamondin atau kalamanji yang justru terkenal di Eropa. Bahkan di AS karena sering jadi suguhan di Gedung Putih Amerika.
Seperti jeruk pada umumnya, lemon cui pun memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang banyak. Pohon lemon cui cukup produktif dan dapat berbuah sepanjang musim. Ketika masih berusia muda, ia akan berwarna hijau gelap, setelah tua, kulit buah jadi lebih halus dan lunak seperti jeruk siam medan yang berukuran kecil, sedangkan warnanya menjelma jadi kekuning – kuningan. Daging buah pun akan berair banyak dengan keharuman cukup tajam dan tahan lama.
Teteskan lemon cui untuk:
menghilangkan bau amis di makanan laut
memperkuat rasa makanan seperti, soto, bakso, somay, dll
menambah kesegaran rasa potongan buah segar seperti, pepaya, pear, apel malang
mencegah potongan buah segar menjadi berwarna kecoklatan.
Bisa juga dibuat juice Lemon hangat nan seger tinggal tambah air hangat dan gulpas...

Sumber: www.supride.com dgn  sedikit penamahan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar