Kamis, 08 Maret 2018

BANANA FRITTERS ALA CAMBODIAN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Sore jelang magrib kemaren dapat WA dari ummahat tetangga ana, menawarkan pisang rajanya mau apa tidak?!?!... Jelas mau dong apalagi gratis siapa yang mau nolak melihat penampakan pisang raja yang ranum yang gambarnya dikirim di WA ana hehe dan diantarkan langsung sama anaknya dengan selamat sampai dirumah... Jazaakillahu khoiran umm... (senyum). Melihat pisang rajanya jadi pengen bikin Banana Fritters yang beberapa hari yang lalu cara bikinnya intip di internet...
Banyak versi dari Banana Fritters ini ada yang bilang khas Thai, Vietnam dan kamboja khas Asia lah pokoknya... Fritter sendiri adalah adonan cair yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, susu dan telur. Yang digunakan sebagai pembalut/bahan celupan dari buah-buahan yang digoreng misalnya Banana fritter, Pineapple fritter dan Apple fritter dll.
Banana Fritters ini bikinnya seperti bikin pisgor biasa tetapi ada beberapa teknik cara bikinnya tiap negara/daerah berbeda2... ana coba bikin ala cambodian yang banyak dijual Street Food Phnom Penh sana...ciri khas banana fritters ini setelah matang kopong didalam anti bisa isi saus coklat/keju didalamnya kalau suka...intiip diresep



Banana Fritters ala Cambodian

Bahan:
1 sisir Pisang Raja matang
minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup:
250 gram tepung terigu
1/2 sdt baking powder
2 sdm gula bubuk (ana nda pake)
1/4 sdt garam
susu cair tawar secukupnya
1 butir telur
1 sdt vanilla ekstrak (ana nda pake)



Taburan/topping suka2. Ana pake Cinnamon powder suka dengan wanginya (aslinya disana nda pake topping)



Cara membuat:
Panaskan minyak dengan api kecil.
Buat adonan pencelup dulu dalam wadah masukkan semua bahan, aduk pake wisker adonan pencelup jangan terlalu encer tambahkan 2 sdm minyak panas aduk rata.
Ambil pisang yang sudah dibuka kulitnya masukkan dalam kantong plastik lipat plastik lalu pipihkan memanjang dgn di tekan pake balok/talenan (jangan terlalu pipih nanti pisangnya hancur).
pelan2 masukkan dalam wadah pencelup bolak balik hingga pisang tertutup rata angkat dengan 2 garpu biar nda patah masukkan dipenggorengan.
goreng stengah matang angkat tiriskan lalu masukkan di adonan pencelup lagi (2x celup) goreng lagi hingga kuning kecoklatan lalu sendokkan adonan pengcelup diatas pisang yang digoreng tadi hingga kelihatan bersarang ada kremesannya bolak balik sebentar lalu angkat tiriskan sajikan hangat.



💐Ummu Muhammad Bone

Lihat juga resep diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

باَرَكَ الله فِيْكُنَّ

🍰 DaPuR UmMaHaT 🍰

🌺 Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Citarasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar