Minggu, 04 Desember 2016

KUE DELAPAN A.KA BEPPA LEYYA

بسم الله الرحمن الرحيم


Kue tradisional bugis makassar ini namanya banyak sekali sebut saja Kue Delapan, beppa leyya, toli-toli ana juga nyebutnya beppa kacamata karena mirip kacamata bulat hehe...kue ini favorit ana sejak kecil sering mampir belinya diwarung kalau pulang sekolah..ana cari2 resepnya Alhamdulillah sudah dishare ummu naufa di DU jazaakillahu khoiran umm... (senyum) ana juga baca resepnya di blognya kak hesti dari reviewnya hasil akhirnya saat digoreng pecah mungkin karena adonannya tidak pakai pisang dan terlalu lama didiamkan kurleb 6 jam. Resep ummu naufa sesuai kata ummi pakai pisang kepok adonannya. Disini ana pakai pisang kepok beku dr frezeer jadi ana tidak pakai air sama sekali, dan biar g terlalu ngaret adonannya ana tambahkan tepung terigu...  afwan ana share ulang resep ummu Naufa Ramayanti dengan sedikit modif dari ana...

Kue Delapan a.ka Beppa Leyya

Bahan:
1/2 bgks (250 gr) tepung beras ketan rose brand
3 buah pisang kepok matang (ana pisang beku)
Gula merah secukupnya, sisir halus (ana stengah bulat gulmernya )
5 sdm gula pasir (3 sdm)
wijen secukupnya
Air secukupnya (ana g pake)


Cara membuat:
Haluskan pisang di dalam baskom dengan menumbuknya dengan gelas masukkan gula merah dan gula pasir tumbuk hingga tercampur lalu masukkan tepung beras ketan dan terigu aduk menggunakan spatatula sampai tdk lengket.
Ambil sdikit adonan lalu pilin memanjang diplastik pertemukan kedua ujungnya berbentuk menjadi delapan lalu gulingkan diatas wijen, goreng di wajan anti lengket gunakan sumpit kayu/tusuk sate untuk membolak balik adonan goreng sebentar saja..sajikan dengan teh daun sukun... masyaALLAH mantap (senyum)

Resep:  Ummu Naufa Ramayanti Bone

💐Ummu Muhammad Bone

 Lihat Resep-Resep yang lain Di Blog 👇🏽
http://dapurummahat.blogspot.com

بارك الله فيكن

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

🌺Menyajikan Resep  Makanan dengan Aneka Cita Rasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar