Sabtu, 05 November 2016

CAKE ORANGE

بسم الله الرحمن الرحيم


Edisi cake ala Taiwan.

 Kali ini bikin salah satu cake ala Taiwan. Bentuk dan hiasannya sederhana tapi rasanya, hmmm... lezat dan lembut. Cake - cake taiwan seringnya memakai putih telur dan teknik pembuatannya ala chiffon cake. Putih telur dikocok, sedang bahan lain diaduk. Biasanya memakai loyang kayu yang dialas kertas roti tanpa di oles margarin.  Jadi cakenya tanpa kulit dan beraroma kayu. Karena nggak ada loyang kayu,  ana pakai yang biasa tapi dialas loyang lagi bawahnya. Agar sisi dan bawah cake tidak berkulit, kita alasi kertas koran yang tebal. Jadi susunannya loyang,  kertas koran, baru loyang berisi adonan. Cake ini unik juga hiasannya. Memakai besi/cetakan yang dibakar lalu tempel di atas cake. Upps...kurang rapi ana bikin hiasannya. ^^ Langsung aza ummah, disimak cara bikinnya.



🎂 Cake " Orange"🎂

🍊Bahan ;
~ 170 gr tepung terigu protein rendah.
~ 30 gr maizena
~ 100 gr minyak goreng
 ~ 100 ml air jeruk(ana pake 2 bks nutrisari rasa jeruk+100 ml air).
~ 5 ml air jeruk lemon.
~ 450 ml putih telur
~ 185 gr gula pasir.
~ 2 1/2 gr garam.



🍊 Cara Membuat ;
🔴 Aduk tepung terigu, maizena, dan minyak hingga rata. Masukkan air jeruk, air jeruk lemon, dan garam. Aduk rata, sisihkan.
🔴Kocok putih telur sampe setengah mengembang. Masukkan gula pasir, kocok terus sampe mengembang dan kaku.
🔴Tuang 2 sendok sayur putih telur ke dalam campuran tepung, aduk rata. Tuang campuran ini sedikit - dikit sambil di aduk rata.
🔴Tuang adonan ke dalam loyang yang tidak di oles margarin, hanya dialasi kertas roti. Di sini ana pake loyang bundar diameter 18 cm.Oven selama 45 menit dengan suhu 180°C/sanpai matang.http://www.dapurummahat.blogspot.com Jangan lupa dipanasi terlebih dulu ovennya.
🔴Setelah matang, angkat dan balikkan loyangnya. Keluarkan kertas rotinya. Cap dengan pengecap besi/cetakan panas.
Silahkan Mencoba.

🍊Source : Majalah Sedap, maret 2014.

🍇Ummu Daffa🍇

Lihat resep-resep yang lain diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

*بارك الله فيكن*

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

🌺Menyajikan Resep Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar