Sabtu, 20 September 2014

BAHAYA SAYUR BAYAM YANG TELAH LAMA DIDIAMKAN



Ummu Yasmin



Bismillah
Bahaya dari sayur bayam yang telah lama didiamkan ini terjadi karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam. Sayur bayam adalah penghasil zat besi terbanyak, dan ketika zat besi terlalu lama bereaksi dengan udara, maka zat besi ini akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia bernama Ferro. Ferro adalah senyawa kimia yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat. Justru hasil oksidasi dari zat besi yang telah berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun ke dalam tubuh kita.


Selain itu, bayam juga mengandung senyawa kimiawi nitrat (NO3), yang ketika teroksidasi juga akan berubah, yaitu akan menjadi nitrit (NO2) dan ini juga bersifat racun.

Selain tidak boleh dimakan dalam jangka waktu lama setelah dimasak karena perlahan sayuran ini akan berubah menjadi kehitaman dalam waktu antara 4-5 jam setelah dimasak. Sayur bayam juga tidak boleh dimakan jika sudah dipanaskan berulang-ulang. Ahsan nya dimakan kurang dari 5 jam setelah dimasak.
Wallahu a'lam

Sumber: WA FORBIS AKHWAT DAN UMMAHAT

DaPuR UmMahaT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar