Kamis, 08 Maret 2018

KEONG SAWAH ASAM MANIS PEDAS

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Siapa diantara ummah sekalian yang masa kecilnya dihabiskan di daerah pedesaan dekat dengan areal persawahan nan luas dan hijau hayoo acungkan tangannya hehe... MasyaALLAH masa kecil yang menyenangkan... Pulang sekolah berombongan, biar cepat sampai kerumah lewat jalan pintas menelusuri pematang sawah sambil memungut kayu bakar dari pelepah2 pohon lontar yang tumbuh disudut2 sawah untuk dibawa pulang... Kalau lagi ketibang rezeki terkadang ada petani yang memanjat pohon lontar dan membagi ke kita buah... MasyaALLAH enaknya seger2 disiang hari di tambah perut lagi keroncongan hehe... Sorenya kadang pergi cari belut atau keong sawah rame2 untuk disantap sebagai lauk... Masa kecil yang penuh kenangan manis,  berharap anak2ku juga bisa merasakan masa kecil seperti itu tapi zaman telah berubah... Dan sekarang lahan persawahan semakin sempit berganti dengan perumahan,pohon2 lontar yang dulunya banyak kini tinggal dua-tiga batang saja... Belut sama keong sawah saja sdh mulai jarang dan sedikit mungkin karena sawah2 sekarang pakai pupuk dan racun hama hingga memusnahkan sebagian habitat mereka.. Wallahu a'lam...  Afwan yah ummah ceritanya kepanjangan bagi yang tidak suka atau males membaca langsung ke resep saja hehe...  Keong sawah ini nda sengaja ketemu dipasar dijual sama nenek2, karena jarang ada ana langsung belinya jadi teringat masa kecil...  Langsung ke reseppp....



Keong Sawah Asam Manis Pedas

Bahan :
1 Mangkuk Keong sawah

Bumbu halus :
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
10 cabe rawit (pedas sesuai selera)
2 sdm air asam jawa yg kental
1 batang serai memarkan
1 sdm gula merah serut
Kaldu bubuk secukupnya
1 sdt gula pasir
Garam
Minyak untuk menumis
Air secukupnya



Cara Membuat :
Bersihkan keong dengan memotong ujung cangkangnya dengan pisau/gunting (biar mudah nantinya disedot pake mulut hehe) cuci bersih tiriskan.

Didihkan air masukkan keong masak sebentar kurleb 5 menit angkat tiriskan.. Siap diolah.

Tumis bawang merah dan bawang putih dan cabe hingga harum beri air sedikit masukkan keong, gulmer, gulpas,kaldu bubuk, garam dan sereh aduk rata tambahkan air asam dan air secukupnya lalu masak hingga kuah menyusut dan kental angkat sajikan.

💐Ummu Muhammad Bone

Lihat juga resep diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

باَرَكَ الله فِيْكُنَّ

🍰 DaPuR UmMaHaT 🍰

🌺 Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Citarasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar