Minggu, 11 Februari 2018

CARA MENGHILANGKAN RASA GATAL PADA UMBI TALAS

بِسْمِ اللّٰهِ الرّحمٰنِ الرَّحِيمِ


🔰♻🔰♻🔰♻🔰

INTIPS( Informasi dan Tips Dapur Ummahat )



🍠🍠 CARA MENGHILANGKAN RASA GATAL PADA UMBI TALAS 🍠🍠

🖊 Untuk mengurangi kemungkinan adanya racun, umbi talas  yang sudah dikupas dan dipotong-potong biasanya dicuci dan direndam hingga getahnya keluar. Pada umumnya masyarakat tradional menggunakan media garam untuk merendamnya, karena terbukti bisa menetralisasi toksin, begitulah cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang digunakan masyarakat dari dahulu.

🖊 Sebenarnya cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang digunakan sejak lama oleh masyarakat tradisional diatas sudah benar pada intinya. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas bisa diterangkan sebagai berikut, bahwa rasa gatal pada getah talas dikarenakan adanya suatu zat kimia yang disebut zat Kalsium Oksalat. Zat Kalsium Oksalat tidak menimbulkan gangguan serius pada tubuh manusia hanya meninggalkan rasa gatal ketika kita mengkonsumsinya,.

🖊 Kandungan zat Kalsium Oksalat pada umbi talas bisa dikurangi kadarnya dengan jalan melakukan pencucian secara bersih dan dengan banyak air, cara lain yaitu dengan perebusan atau pengukusan yang lebih intensif. Cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang lebih efektif yaitu melakukan perendaman pada air yang didalamnya telah dilarutkan garam (NaCl).



🍠🍠 Tahap Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas Sebagai Berikut :

1⃣ Kupas umbi talas dari kulit luarnya.

2⃣ Cuci bersih umbi talas selama kurang lebih 5 atau 10 menit hingga bersih.

3⃣ Siapkan air yang telah dilarutkan garam dengan kadar NaCl 1%.

4⃣ Rendam umbi talas selama kurang lebih 20 menit lama waktu pengikatan zat NaCl terhadap zat Kalsium Oksalat.

5⃣ Cuci kembali umbi talas dengan air bersih untuk menghilangkan garam mineral dan sisa endapan hasil pengikatan NaCl terhadap CaC2O4 yang masih menempel pada umbi talas, dan umbi talas sudah siap diolah.

📚 Pencucian dan perendaman dengan air berfungsi untuk menghilangkan zat-zat pengotor dalam talas. Penurunan kadar oksalat terjadi karena reaksi antara natrium klorida (NaCl) dan kalsium oksalat (CaC2O4). Begitulah sedikit tips cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas,

Semoga bermanfaat

📚 Sumber : Google.com

Lihat juga Tips nya diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

بَارَكَ اللّٰهُ فِيكُنّ

🍰 DaPuR UmMaHaT 🍰

🌺 Menyajikan Resep Masakan Dengan Aneka CitaRasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar