Jumat, 02 Desember 2016

KASOAMI GULA MERAH

بسم الله الرحمن الرحيم


Kasoami adalah makanan khas masyarakat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Bahkan makanan ini sudah menjadi makanan pokok masyarakat di pulau ini. Namun, arti kasoami bagi masyarakat tidak hanya sebatas makanan pokok. Kasoami juga dijadikan media keakraban dan persaudaraan. Kasoami juga sering disebut kasangkola.

Bahan utama pembuatan Kasoami adalah ubi kayu. Proses pembuatannya lumayan sulit untuk para pemula karena memerlukan kesabaran yang tinggi. Aroma dan rasanya sangat enak. Rasanya mirip dengan roti tawar. Rasanya gurih dan renyah, apalagi kalo dimakan di waktu masih panas-panas semakin menambah nikmat. Kasoami akan lebih enak lagi jika dipadukan dengan ikan bakar atau ikan asin. Selain masyarakat Buton, masyarakat di daerah Wawonii juga gemar menyantap makanan ini. Menurut penuturan beberapa masyarakat setempat, makanan ini dinamakan Kasoami dikarenakan makanan yang berbahan baku ubi kayu ini harus dimakan bersama dengan ikan sebagai lauknya dan tidak boleh dipisahkan. Ada pendapat lain yang menyatakan Kasoami berasal dari dua suku kata yaitu soa yang artinya uap panas dan kaopi yang berarti tepung ubi kayu atau gaplek.

Langkah pertama pembuatan Kasoami adalah memarut ubi yang sudah dibersihkan dengan menggunakan alat yang biasa disebut kaparu. Kemudian parutan ubi diperas. Air perasan dibuang dan yang digunakan adalah ampasnya. Untuk mengoptimalkan kadar air yang bisa dikeluarkan dalam ubi, ubi diletakkan dalam tempat pirepoa. Ubi kayu dijepit dengan menggunakan papan kayu dan ditindis dengan batu. Dengan menggunakan peralatan ini ampas ubi akan cepat kering.

Pastikan ubi benar – benar sudah kering. Setelah ubi kering, ubi akan menjadi kaopi atau kagepe.

Sumber:  Kuliner Nusantara



*Kasoami Gula merah*

Bahan:
kaopi/kagepe yang uda dihaluskan
1/2 kelapa parut atau sesuai selera
1 bola gula merah yang dihaluskan



Cara masak:
Campur semua bahan di atas hingga rata.
Panaskan dandang. Cetak pada cetakan kemudian kukus hingga matang.
kasoami gula merah siap di hidangkan....

🌹 Ummu 'Abdil Kholiq Ambon

بارك الله فيكن

🍰Dapur Ummahat🍰

🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar