Senin, 23 Mei 2016

MARTABAK MANIS ALA PIZZA

بسم الله الرحمن الرحيم



Hari ini ana lagi pengen maem martabak manis yang teballl kulitnya. Gara-gara dikomporin teman yang katanya mau nguplek adonan yang di kota Malang lazim disebut terang bulan ini.

Setelah ditunggu-tunggu penampakannya, lho ternyata beliau malah ngadon pie susu, hehe...

Tampilan martabaknya sengaja ana bikin versi pizza, selain supaya tampil beda dan lebih cantik, juga karena kulitnya udah tebel. Ntar kalau di tangkupkan kedua sisinya, kayaknya bakal ketebelan ya. Mau maemnya sungkan, gak etis...haaaappp...*senyum

Ya sudahlah, mari belajar baking.

✔Bahan:
1 1/2 gelas tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
7 sdm gula pasir
1 butir telur
1 sachet SKM putih (ana skip)
3 cubit garam
1 sdt soda kue
1/2 sdt vanili bubuk
1 gelas air (gunakan gelas bekas menakar tepung ya)



✔Topping:
Butter margarin (ana pakai royal palmia)
Meses coklat
Keju
SKM putih

✔Cara membuat:
1. Kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan vanili bubuk. Pakai garpu aja ya. Tambahkan tepung terigu, plus air dan SKM (susu kental manis). Konsistensi adonan kental tapi masih bisa dituang.
2. Aduk rata, tutup dan diamkan 1 jam.
Setelah 1 jam, tambahkan sejumput soda kue lagi ke adonan, aduk 2 menit sampai rata.
3. Panaskan teflon pakai api kecil, teflon yang bawahnya sudah dilapisi loyang besi untuk menghalangi api kompor secara langsung agar kulit martabak matang rata dan gak hangus.
4. Tuang seluruh adonan, tekan bagian pinggir pakai sendok sayur supaya martabak berpagar. Masak pakai api kecil sampe keluar buih tanda akan berlubang.
5. Setelah lubang-lubang kecil mulai muncul, taburkan gula pasir ke seluruh permukaan, kira-kira 1 sendok makan aja. Tutup dan biarkan matang sekitar 5 menit.
6. Matikan api, oles permukaan dengan butter margarin, oles banyak aja supaya lebih mantap dan martabak tetap lembab saat dingin. Beri topping meses coklat, parutan keju, kemudian tuang susu kental manis. Potong-potong, sajikan.

*Note: resep hasil uji coba dan gabungan dari beberapa sumber ya.

🌸Ummu Syakirah Malang

بارك الله فيكن

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar