Minggu, 17 Januari 2016

KAHOLEO (IKAN TERI ASAP)

بسم الله الرحمن الرحيم




Kaholeo dari Waruruma


    Di wilayah Baubau, Sulawesi Tenggara selain terdapat tempat wisata yang beraneka ragam juga terdapat berbagai macam masakan (kuliner).

     Teluk Baubau memberikan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat yang berada dipesisir pantai. Bukan hanya para nelayan yang dapat memanfaatkan hasil kekayaan laut, tapi para pelaku bisnis kecil-kecilan juga, seperti halnya ibu-ibu khususnya di daerah Waruruma, Kecamatan Kokalukuna.

    Bagi masyarakat Baubau Sulawesi Tenggara, waruruma dikenal sebagai pembuat / penghasil kaholeo yakni ikan teri yang di asapi / di panggang di atas bara api. Untuk pembuatannya terlihat sederhana / tidak begitu rumit, mulai dari bahannya, cara mengolahnya, hingga penyajiannya. Bahkan, bahan utamanya memanfaatkan kekayaan alam yang ada diperairan Pulau Buton.


    Cara pengolahan ikan itu sendiri sangat sederhana yaitu dengan cara di asapi, akan tetapi proses pembuatannya bukan hanya begitu saja. Ikan teri tadi sebelumnya di cuci terlebih dahulu, kemudian ikan di atur satu persatu di atas Kalaja.

    Setelah semuanya teratur rapi baru kemudian di taruh di atas bara api, tapi bukan apinya yang di gunakan hanya asap panasnya saja. Setelah proses pengasapannya selesai, kaholeo ini bisa langsung di makan. Ikan yang sudah di asapi / di panggang di atas bara api ini biasa bertahan hingga 1 tahun. 

    Kaholeo ini dapat di olah tergantung selera kita masing-masing. Contohnya saja kaholeo dapat di jadikan peyek juga dapat diolah dengan sambal goreng. Kaholeo rasanya enak dan gurih, siapapun yang memakannya pasti tidak akan puas bila hanya mencicipinya saja. Kaholeo sangat nikmat, bila di makan di temani dengan kasuami yang juga merupakan makanan khas Pulau Buton.

    Kaholeo menjadi salah satu produk andalan untuk daerah Waruruma ( kaholeo : ikan teri yang di asapi, bukan di jemur ) yang merupakan suvenir favorit bagi para pengunjung.

Sumber: kaholeo

بارك الله فيكم

Dapur Ummahat


Telegram Channel
http://bit.ly/dapurummahat

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Dapur Ummahat saya mau tanya harga ikan teri asap kahaleonya itu di jualnya perkilo atau perliter ya?? Harganya berapa ya??

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Dapur Ummahat saya mau tanya harga ikan teri asap kaholeonya itu di jualnya perkilo atau perliter ya?? Harganya berapa ya??

    BalasHapus