Selasa, 09 Juni 2015

TIPS DAN INFO (Mengenal Macam-Macam Sayuran ' Lembayung ')





Bismillah...

🍰Berbagi Tips dan Info🍰

🌿Mengenal Macam-Macam Sayur🌿

4. Lembayung

🍀Lembayung atau daun kacang panjang sering dimanfaatkan sebagai bahan sayur yang lezat untuk dimakan dan banyak diminati. Daun ini memiliki tekstur yang kasar sehingga yang sebaiknya dikonsumsi sebagai sayuran hijau adalah daun yang masih muda.



🍃Daun lembayung sering diolah menjadi bobor, yaitu sayur berkuah santan dengan citarasa gurih. Di Bali, daun lembayung diolah menjadi beberapa jenis makanan diantaranya jukut rambanan, dan jukut mapelapah yang memiliki citarasa rempah yang begitu kental.

🌱Lembayung memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan buahnya. Setiap 100 gram lembayung mengandung protein (kalori)34, protein (E) 4,1, Lemak 0,4 , Karbohidrat 5,8, Kalsium 134, Fosfor 145, Zat Besi 6,2, vitamin A 786, vitamin B1 0,28 dan BOD 65%.[2]

🍂Daun kacang panjang selain memiliki kandungan gizi yang baik juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan payudara yang bengkak sesudah melahirkan akibat susu yang terlalu berlebihan, caranya beberapa helai daun lembayung dicuci lalu diremas-remaskan di bagian payudara yang bengkak. Selain itu, lembayung tua yang tidak dapat dikonsumsi sebagai sayur dapat dijadikan brangkasan yaitu bahan baku pembuatan pupuk organik, caranya cukup mudah yaitu brangkasan dipotong-potong lalu dibenamkan ke dalam tanah.

📚Sumber:

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Lembayung

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍰Dapur Ummahat🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar