Kamis, 07 Mei 2015

MENGENAL BUMBU DAPUR ( TEMU KUNCI)





Bismillah******

🍰Berbagi Tips dan Info🍰

🌰Mengenal Bumbu Dapur🌰

5⃣TEMU KUNCI

🌵Temu kunci (Boesenbergia rotunda (L.) Mansf. syn. Curcuma rotunda L., B. pandurata (Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.) adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal kebawah.

🌴Temu kunci adalah termasuk jenis tumbuhan yang tidak memiliki batang, rimpang didalam tanah, untuk setiap batang temu rimpang biasanya terdapat daun 2-7 helai, memiliki bunga berwarna putih kekuningan yang tumbuh diujung tangkai. Temu kunci mampu tumbuh dengan subur didaerah beriklim panas dengan tanah subur. Cara budidaya temu kunci dengan tunas.

🌿Temu kunci termasuk jenis tumbuhan herbal yang sangat banyak manfaatnya seperti halnya jahe ataupun kunyit, khasiat temu kunci khusus dibidang kesehatan sudah terkenal sejak zaman dahulu.

🌳Minyak atsiri rimpang temu kunci (Boesenbergia pandurata) berefek pada pertumbuhan Entamoeba coli, Staphyllococus aureus dan Candida albicans ; selain itu dapat berefek pada pelarutan batu ginjal kalsium secara in vitro. Perasan dan Infusa rimpang temu kunci memiliki daya analgetik dan antipiretik. Di samping itu dapat mempunyai efek menggugurkan, resorpsi dan berpengaruh pada berat janin tikus. Ekstrak rimpang yang larut dalam etanol dan aseton berefek sebagai antioksidan pada percobaan dengan minyak ikan sehingga mampu menghambat proses ketengikan. Dari penelitian lain diperoleh informasi bahwa ekstrak temu kunci dapat menghambat bakteri isolat penyakit Orf (Ektima kontagiosa). Toksisitas Praktis tidak toksik.

🍂manfaat lain temu kunci sebagai peluruh dahak/untuk menanggulangi batuk, peluruh kentut, penambah nafsu makan, menyembuhkan sariawan, bumbu masak, pemacu keluarnya air susu ibu..
BI IDZNILLAH tentunya..

📚Sumber:
Wikipedia
Kamijarawulung.blogspot.com

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar