Senin, 13 Oktober 2014

Dangke Goreng

Dangke adalah makanan tradisional yang berasal dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dangke terbuat dari fermentasi susu kerbau/ sapi yang diolah secara tradisional. Dangke memiliki tekstur seperti tahu dan memiliki rasa yang mirip dengan keju. Dangke juga terkenal memiliki kandungan protein betakaroten yang cukup tinggi.




Dangke dibuat dengan merebus campuran susu kerbau, garam, dan sedikit getah buah pepaya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring, dibuang airnya, dan kemudian dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Dangke dapat langsung disajikan atau diolah lagi menjadi variasi makanan lain seperti dangke bakar, goreng dan Oseng - Oseng Dangke seperti yang ana buat di dapur semalam, Dangke dibuat dengan cara menambahkan getah pepaya pada susu sapi. Getah pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi memisahkan protein dengan air. Ada jg yg menambahkan perasan jeruk nipis..
Dangke memiliki rasa seperti keju yang gurih sehingga pakar kuliner menyebutx Keju lunak asli indonesia ( sumber : Dangke - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas - http://id.m.wikipedia.org/wiki/Dangke dgn sedikit penambahan )



Dangke Goreng

 Bahan :

  • Dangke, iris (jgn terlalu tipis) lalu goreng, sisihkan

Sambel Ulek (Cobe-Cobe) :

  • 5 buah cabe rawit, boleh ditambah jika suka pedas
  • 4 buah tomat
  • 2 siung bawang merah, potong kotak kecil
  • Garam
  • Gulpas secukupx

Sajikan, sambel ulek dan  dangke goreng

WA DaPuR UmMaHaT

1 komentar:

  1. Bun mau tau bagaimana cara menghilangkan rasa pahit dari dangke

    BalasHapus