Selasa, 17 Juni 2014

MENTEGA/MARGARIN CAIR



Seringkali dalam sebuah resep pembuatan Cake, kita menemukan bahan Mentega maupun margarin yang dilelehkan atau dicairkan. Fungsi margarin atau mentega pada umumnya sama, yaitu untuk untuk menjaga kue agar tahan lama, menambah nilai gizi, memberi aroma pada cake, dan membuat cake terasa empuk. dan yang pasti menimbulkan rasa enak. Kandungan penting dalam Margarin dan Mentega adalah Lemak. Lemak yang digunakan untuk cake bisa mentega, margarin, atau minyak. Mengapa tidak digunakan shortening (mentega putih)?
Karena shortening tidak mengandung air seperti margarin hingga membuat kue kurang lembap. Tetapi, toh, kalau Anda tetap ingin memakai shortening, gunakan shortening yang mengandung emulsifier (pengemulsi). Karena emulsifier mampu membantu mengikat air hingga tidak terjadi penguapan.
 Walaupun Margarin dan Mentega adalah 2 jenis lemak yang berbeda, tapi tips untuk mencairkan adalah sama :
  1. Gunakan api kecil untuk mencairkan,
  2. Matikan api segera sebelum keseluruhan margarin atau mentega mencair.
  3. Pastikan kondisi margarin atau mentega leleh masih berwarna keruh, sebagai tanda bahwa kandungan air dan emulsifier tidak habis menguap
  4. Oh iya margarin atau mentega yang dilelehkan dengan benar juga tidak mudah terendap di dasar adonan, sehingga lebih mudah diaduk.
  5. Tuangkan ke adonan secara perlahan-lahan dengan gerakan menuang sambil berjalan, hindari menuang margarin atau mentega leleh di satu titik, segera aduk dengan menggunakan teknik folding back atau aduk balik.
 Sumber : http://www.bahankue.info/mentega-dan-margarin-leleh


WA DaPuR UmMaHaT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar