Kamis, 23 Februari 2017

TIPS SEPUTAR DONAT

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


♻ *INTIPS*.....


     ============================
       TIPS SEPUTAR DONAT
     ============================

🍩🍩🍩🍩🍩🍩🍩🍩

1⃣. *Suhu ruang* . Perhatikan suhu ruang , jika suhu dingin , proofing (waktu mendiamkan adonan) akan lebih lama. Jika suhu terlalu dingin , bisa meletakkan adonan yang sudah ditutup plastik/serbet lembab ke dalam oven dan beri wadah berisi air panas di rak bagian bawahnya.

2⃣. *Minyak*. Selalu gunakan minyak baru , jika minyak bekas tapi masih bening , cium dulu apakah ada bau tertentu yang bisa mempengaruhi aroma donat saat digoreng. Donat aslinya digoreng dengan minyak padat , jadi saat dingin minyaknya membeku sehingga donat kering bebas minyak.

3⃣. *Menggoreng* . Jangan membolak balik donat terlalu sering saat digoreng , karena donat akan lebih banyak menyerap minyak. Balik donat saat bagian bawahnya sdh berubah keemasan.

4⃣. *Taburan tepung*. Ini sangat penting , jangan menabur tepung terlalu banyak saat membentuk donat , agar tekstur donat tetap empuk dan tidak kasar , kulitnya juga tidak tebal. Minimalkan penggunaan tepung ssdh donat diproofing.

5⃣. *Waktu* . Donat rumahan, resep yang wajar, mau ulen atau tidak , tanpa obat (pengempuk donat) tidak akan bisa tetap empuk sesudah lewat 18 jam. Donat masa konsumsi terbaik adalah 6 jam sesudah matang. Itu saat-saat donat masih dalam kondisi terbaiknya.. Lewat dari itu , donat masih bisa dimakan hanya teksturnya sudah mulai berubah.

6⃣. *Mencetak* . Jika tidak punya donut cutter , bisa gunakan gelas untuk membentuk donat , lubangnya bisa dilubangi menggunakan tutup botol. Banyak alat yNg bisa digunakan untuk melubangi dan membentuk donat.  Jangan khawatir jika donat saat proofing tidak bulat sempurna , jika nanti digoreng donat bisa membulat dengan sendirinya jika proofingnya sempurna.

7⃣. *Ragi* . Pastikan ragi aktif saat hendak membuat donat , jika tidak berbusa sebaiknya tidak digunakan , karena hasilnya akan bantat. Gunakan air yang hangat untuk mengaktifkan ragi dan tambahan sedikit gula untuk lebih aktifnya , gula adalah makanan ragi , mempercepat proses pengaktifan. Air hangat yang paling pas adalah air yang bila kita celupkan jari , jari tidak merasa panas tapi nyaman.

8⃣. *Topping/glaze* . Selalu hias donat setelah donat dalam keadaan dingin. Jika dalam keadaan panas , mau coklat , buttercream tidak bakal bisa menempel dengan sempurna (meleleh). Gula halus juga bakal meleleh dan hilang dengan cepat terserap donat.



9⃣. *Tepung* . Tepung protein tinggi pailing cocok digunakan dalam pembuatan donat.  Bisa dicampur dengan tepung protein sedang/serbaguna tapi patut diingat , tepung serbaguna/protein sedang tidak suka air , adonan bakal lebih lembek.

🔟. *Cetakan*. Saat mencetak adonan , selalu celupkan cetakan ketepung kering saat selesai mencetak satu donat . Untuk menghindari lengketnya adonan ke cetakan. Tapi tetap hati-hati jangan berlebihan tepung. Sisa adonan yang tidak tercetak jadikan satu kembali tanpa penambahan tepung agar keempukan adonan tetap terjaga.

1⃣1⃣. *Penyimpanan*. Simpan donat yang sudah dingin dalam wadah tertutup . Donat jika terkena udara mudah mengeras. Jika hendak membekukan donat, goreng donat terlebih dahulu jika tidak punya tempat cukup di kulkas untuk menyimpan adonan mentah. Tentu saja menggorengnya jangan sampai berwarna gelap karena akan digoreng kembali.

1⃣2⃣. *Kemulusan donat*. Saat proofing sesudah dicetak , usahakan donat tidak terkena angin , jadi harus ditutup sesuatu , untuk mencegah donat memiliki kulit yang kering dan kasar.

1⃣3⃣. *White ring/cincin putih*. Donat yang mengembang dengan sempurna , jika digoreng akan mengapung , menghasilkan lingkaran putih di sekeliling donat. Tapi ini bukan hukum wajib , jika tidak muncul ya anggap saja belum hoki hehehe

1⃣4⃣. *Donat seperti pecah saat digoreng/permukaan tidak mulus*. terlalu banyak penambahan tepung saat membentuk dan tidak halus waktu menggilas permukaan adonan. Atau kurang cubit waktu menutup bulatan adonan.

1⃣5⃣. *Donat fresh* lebih enak , makan sesegera mungkin

📚 Sumber : Lily Chan

Lihat resep Donat diblog..
http://dapurummahat.blogspot.com

بَا رَكَ اللهُ فِيْكُنَّ

🍰 Dapur Ummahat 🍰

🌺 Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar