Kamis, 04 Agustus 2016

ADONAN DASAR ROTI DENGAN WATER ROUX/TANGHJONG

بسم الله الرحمن الرحيم



Adonan Dasar Roti dengan Water Roux/Tanghjong


Jangan terburu2 tertarik dengan roti bentuk besar dan empuk, siapa tahu roti tersebut mengandung banyak zat kimia yang berbahaya. Salah satu zat kimia tersebut adalah Pottasium bromat.

♻ Pottasium bromat merupakan salah satu jenis  bread improver atau pengembng roti. Sungguh ironi, meskipun zat kimia pengembang ini berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, pottasium bromat ini disukai para pembuat roti di Indonesia. Dan sayangnya, para produsen tidak mencantumkan zat ini pada komposisi sehingga konsumen tidak mengetahuinya. Oleh karena itu ana klo bikin roti pake metode *water roux /tangjhong* .



 ♻ Apa itu? Metode ini menjadi sangat terkenal di kalangan baking chinese sejak diterbitkannya buku "65°C Bread Doctor" karangan Yvonne Chen asal Taiwan. Disebutkn Tangjhong itu merupakan bahan rahasia yg berasal dri Jepang, dimana dalam bahasa Jepangnya diartikan sebagai pasta tepung, yang mana dihasilkan dari campuran 1 bagian tepung dengan 5 bagian air yang dimasak hingga mengental yg ajaibnya terjadi pada suhu 65°C.

♻ Mengapa roti bisa lembut pake tangjhong? Itu dikarenakan tanghjong yang berupa gel bisa menahan air lebih lama dibanding dengan adonan biasa. Langsung saja ya, ini resep adonan roti dengan tangjhong source by "Sahshy Little Kitchen" yg biasa ana pake klo bikin roti.


✔ Water Roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

✔ Bahan :
- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 100 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk FC
- 1 btr telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

✔Bahan isi: sesuai selera.

✔Bahan topping: sesuai selera.

✔Cara Membuat :
1. Water Roux: dalam panci, campur air & tepung terigu. Aduk rata sampai halus & tidak bergerindil. Masak dg api sedang sampe kental kurleb 65°C. Jangan sampe mendidih, sisihkan hingga dingin.
2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dlm mixer roti. Masukkan campuran water roux, air d telur ke dalamnya. Nyalakkan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampe elastis. Kalau terlalu kering bisa tambahan air, kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
3. Tutup dengan cling wrap/plastik biasa/serbet dan fermentasikan sampe mengembang 2x lipat selama kurleb 45 menit. Setelah itu adonan dikempiskan/ditinju lalu ditimbang2 sesuai selera ukuran roti yang diinginkan. Setelah itu diamkan selama 10/15 menit baru kita isi dan beri topping.
4. Fermentasikan lagi selama 45/60 menit sampe mengembang. Lalu dipanggang selama 15 menit atau sampe atasnya kuning keemasan. Jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200°C. Jadilah roti yang lembut & bebas pelembut/pengawet kimia.

Artikel source by: Dian Lestari Ningsih & Monic's Simply Kitchen

Resep Roti source by: Sashy Little Kitchen


🌹 Ummu Daffa Bontang


 *بارك الله فيكن*

🍰 *Dapur Ummahat* 🍰

🌺 *Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa* 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar