Sabtu, 13 Juni 2015

KACANG MEDE BESTA JAHE

Ummu Atiiqoh


Bismillah...
Hari ini ana berbagi resep "Kacang Mede Besta Jahe" . Resep ini tentunya sdh umum ya ummah..hehe... tp ana tetap ingin berbagi, mumpung lg ada kacang mede di rumah, gratis pula, Alhamdulillah oleh2 dari zaujy waktu plg dari t4 tugas tepatnya di kab. Buton Tengah, kec. Mawasangka (Termasuk daerah penghasil kacang mede). Resep Kacang mede besta ini ana adaptasi dari resepnya mba Hesti's Kitchen..


Untuk  pembuatannya tdk rumit in ayaa Allah. pertama2  1 kg kacang mede direndam dengan air hangat yg telah diberi 1 sdm garam, rendam selama 3-5 menit, kacang mede harus benar2 terendam semua ya ummah. Air rendaman nampak keruh bahkan kehitaman..ini menandakan bahwa getah dari jambu mede telah keluar. Buang airnya, ulang lagi proses perendaman, lakukan sebanyak 3 kali, kemudian tiriskan. Pisahkan kacang mede yang masih utuh dan yg telah patah2/terbelah, karena ini sangat mempengaruhi tingkat kematangan pada saat penggorengan. Apabila digoreng bersamaan maka tingkat kematangannya berbeda2,, bisa2 yg patah/terbelah ini gosong duluan hehe... Goreng sampai kecoklatan kacang mede yg utuh pada minyak yg telah dipanaskan dgn api sedang. Angkat dan tiriskan.

Untuk kacang mede yg patah2 ini, ana olah biasa sj, caranya di goreng dlm minyak panas jika sudah setengah matang masukkan bawang putih yg telah dihaluskan bersama garam...biarkan sampai matang, angkt dan tiriskan. lumayan ummah jadi tambah 1 jenis pilihan cemilan.

Bahan :
900 gram kacang mede
minyak untuk menggoreng

Besta jahe :
200 gr gula pasir
100 gr gula merah
15 cm jahe, kupas, haluskan
1 sdm margarine

Cara membuat :
Masak bahan besta jahe sambil diaduk hingga meleleh semua. Saring.
Masak kembali dan terus diaduk hingga besta kental.
Tambahkan kacang mede. Aduk-aduk terus sampai kering dan besta melekat. Segera pisah-pisahkan dengan sendok kacang yang menempel. Simpan di wadah kedap udara. Selamat mencoba!


     🍰 WA Dapur Ummahat 🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar