Kamis, 07 Mei 2015

TIPS AGAR FOTO RESEP MAKANAN MAKIN MENARIK


🍰Berbagi Tips dan Info🍰

Tips agar foto resep makanan makin menarik....

Ada tips praktis nih bagi kamu yang ingin mengabadikan foto-foto resep masakan jadi lebih menarik meskipun menggunakan kamera handphone. Untuk mendapat foto resep yang menarik, tentunya kamu harus tahu beberapa hal dasar dan trik mudah dalam mengambil foto makanan.

• Cahaya


Pencahayaan terbaik adalah dari sinar matahari. Dekatkan makanan ke arah sinar matahari agar warna makanannya "muncul". Selain itu cahaya matahari memperjelas tekstur makanan kamu yang membuatnya makin menarik.

Catatan: Hindari penggunaan flash saat memotret makanan karena akan memantulkan cahaya dan warna makanan tertutup oleh cahaya. Jika memang terpaksa, pakai latar belakang berwarna gelap agar tidak memantulkan cahaya.

• Latar belakang

Sebisa mungkin hindari pengambilan gambar dengan menampilkan wajah atau tubuh kita sebagai latar belakang. Gunakan meja makan, papan atau kardus yang kamu lapisi dengan kertas putih sebagai latar belakang agar warna makanan kamu dapat menonjol.

Catatan: Manfaatkan area luar ruang sebagai variasi latar belakang sekaligus memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya.

• Properti Foto

Percaya deh, properti foto tidak harus mahal. Kamu bisa kombinasikan dengan benda-benda yang ada di rumah, seperti spatula, talenan, daun dan bunga atau bumbu rempah yang disebar di sekeliling piring.

Catatan: Hindari mengambil gambar makanan dari lantai. Sebaiknya gunakan meja makan, kertas putih, potongan-potongan kayu atau alas foto lipat yang memiliki corak seperti kayu yang banyak dijual belakangan ini.

• Presentasi Makanan

Untuk pemula, ada baiknya menggunakan piring atau wadah dengan warna putih agar warna makanan bisa menonjol dan terlihat bersih.Kamu juga bisa loh menunjukan bagian dalam makanan supaya orang yang melihat resep kamu semakin tertarik.

• Pengambilan Gambar

Bereksperimen-lah dari berbagai macam angle atau sudut atas, bawah, kiri dan kanan. Selain itu cobalah untuk mengambil foto makananmu dari jarak dekat dengan cara mendekatkan diri kamu dan hindari memakai zoom agar tidak pecah.

Ingat posisi tubuh ketika mengambil foto makanan jangan sampai menutupi cahaya. Dengan latihan yang sering akan mengasah sense kamu dalam mengambil foto makanan dari sudut terbaik.

• Edit Gambar

Gunakan crop untuk memotong bagian-bagian yang berlebihan pada foto kita sehingga foto kita dapat menampilkan keseluruhan makanan kita. Jikalau perlu, boleh memakai watermark dengan ukuran seperlunya dan letakan pada area foto yang tidak menutupi makanan kita.


Catatan: Sebaiknya gunakan warna watermark yang diserasikan dengan nuansa foto makanan agar tidak menimbulkan distraksi bagi para pembaca resep kamu.

Bagaimana tips Food Photographynya? Mudah dan bisa dipelajari bukan? Asal kita rajin latihan motret dan berani mencoba hal-hal baru, pastinya kemampuan kita menyajikan resep dengan foto menarik semakin meningkat. Selamat memotret.

Sumber Referensi:
https://dapurmasak.com/berita/foto-resep-makanan-makin-menarik-ini-kuncinya
http://masukdapur.com/foodphotography-kamera-smartphone oleh Hes Hidayat
http://www.diahdidi.com/2015/04/tips-presentasi-foto-makanan-untuk.html oleh Diah Didi

📝dipublikasikan ulang oleh:

🍰Wa Dapur Ummahat🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar