Kamis, 20 November 2014

Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih


Um Abdillah Darmawaty Ahmad

 Alhamdulillah.... dapat ole2 dari Mamuju berupa lada hitam dan kemarin saya dapat ole2 lada putih dari tetangga yang baru tiba dari Sorowako....

Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

Lada (Piper nigrum), adalah tanaman merambat. Buahnya biasanya dimanfaatkan untuk bumbu makanan.

Lada dipasarkan dalam dua bentuk yaitu lada hitam dan lada  putih,Baik lada putih maupun hitam mempunyai perbedaan di waktu memanen.

Memetik buah saat masih hijau akan menghasilkan lada hitam, sedangkan memetik buah yang matang menghasilkan lada putih Lada hitam lebih menyengat. 🌳Lada putih dan lada hitam sebetulnya berasal dari tumbuhan yang sama. Cara mengolahnya saja yang membedakan lada hitam dengan lada putih. Lada hitam dihasilkan jika buah lada dipetik sebelum matang kemudian dikeringkan yang biasanya mengunakan terik matahari sampai warnanya hitam.
lada putih diambil dari buah lada yang matang. Proses selanjutnya yang dilakukan adalah merendam lada dengan air garam agar kulitnya terkelupas dan meninggalkan hanya bagian dalamnya saja.🌳

Lada putih memiliki rasa yang lebih pedas daripada lada hitam. Namun rasa lada putih tidak sekaya rasa lada hitam yang memiliki rasa lebih kompleks. Lada hitam memiliki aroma yang khas dan berbeda.Selain digunakan dalam berbagai masakan, lada juga memiliki khasiat pengobatan seperti pada terapi asma dan gigitan serangga.

sumber.. Vemale.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar