Rabu, 24 Juni 2015

TIPS DAN INFO (Menu Sehat Untuk Berbuka & Sahur)


๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

1 Ramadhan 1436H /18 juni 2015
----------------------

๐Ÿƒ๐ŸŒธ Menu Sehat Untuk Berbuka & Sahur ๐ŸŒธ๐Ÿƒ

➖➖➖➖➖➖➖➖

๐Ÿ“š Alhamdulillaah...Bulan Romadhon telah tiba selayaknyalah kita menyambut dengan suka cita karena di bulan romadhon inilan bulan yang penuh rahmat dan pahala...dan kita sebagai umat muslim selayaknyalah mengisinya dengan hal-hal kebaikan dan ibadah.

๐Ÿƒ Agar dapat beribadah dengan baik maka kita harus menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik pula, apalagi kita umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa sebulan penuh. Untuk itu agar tubuh tetap bugar dan sehat maka penuhilan tubuh dengan makanan yang sehat.



 ๐Ÿ“š Nah makanan apa saja yang direkomendasikan untuk menu sahur?

๐ŸŽ Buah dan sayuran

๐Ÿ‘‰Makanan yang kaya
akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat pula mencegah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting bagi kesehatan.

๐Ÿš Nasi / penggantinya

๐Ÿ‘‰Makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu memberikan cadangan energi.

๐Ÿ–Daging/ penggantinya

๐Ÿ‘‰Daging ayam tanpa kulit, ikan dan produk olahan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan membatasi asupan lemak Anda. Selain itu juga dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Dan mengkonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium dapat menjaga kekuatan tulang.


๐Ÿ“š Berikutnya makanan apa sajakah yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa?

๐Ÿšช Berbuka puasa merupakan saatnya untuk mengembalikan cadangan energi, sehingga makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:

๐ŸŒฟ Serat

๐Ÿ‘‰Biasanya saat bulan Ramadan, kurma dikonsumsi sebagai hidangan saat berbuka puasa. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik.
✋ Tetapi, hati-hati juga agar jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak karena kurma tinggi akan gula.

๐Ÿž Roti gandum, nasi merah atau mie yang terbuat dari gandum merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral. Jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula atau dessert  yang dibakar lebih cepat.

๐Ÿค Protein
๐Ÿ‘‰Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang.
๐Ÿ‘ Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh.


๐Ÿ“š Bagaimana dengan pengaturan minumnya ?
๐Ÿ‘‰setiap harinya tubuh  kehilangan air sebanyak dua liter dan karenanya cairan tersebut juga harus diganti dengan cara minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari.
 Selama berpuasa, tubuh manusia mengalami perubahan pola konsumsi karena pembatasan waktu makan dan minum. Jika tak diwaspadai, tubuh bisa kekurangan asupan air dan nutrisi yang dibutuhkan sehingga rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.
๐ŸธSecara umum dianjurkan tetap minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Hal ini tergantung berat badan perorangan juga.
๐ŸธYang harus diingat, jumlah konsumsi air putih ini tidak dapat digantikan dengan jenis minuman lain yang biasanya meningkat selama Ramadan, misalnya minuman manis, bersoda atau yang mengandung kafein.
๐ŸธDan minum dalam jumlah banyak sekaligus, tidak baik bagi kesehatan. Karena itulah, sangat penting untuk mengatur jumlah air minum per gelas yang aman dikonsumsi selama waktu berbuka hingga sahur. Hal ini minimalnya bisa diatur dengan cara : minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.
๐ŸธAdapun  langkah pendukung untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kesehatannya selama berpuasa yaiu meningkatkan konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air, serta mengurangi konsumsi minuman yang meningkatkan pengeluaran air kemih dan mengundang rasa haus seperti teh, kopi dan soda.


ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ

๐Ÿฏ Tim Gizi Majmu'ah BIKUM ๐Ÿฏ

- - - - - - - - -

๐ŸŒ WA ADMIN SALAFIYAT INDONESIA (ASIA)


Turut Mempublikasikan:

๐Ÿฐ DaPuR UmMaHaT ๐Ÿฐ






























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar