Rabu, 17 Juni 2015

Mau Bikin Scramble Egg Enak? Ikuti Tips Ini!



Beragam olahan telur paling mudah dibuat menu sarapan. Direbus, digoreng, dibuat omelet, atau orak-arik. Meski terlihat mudah, ternyata membuat orak-arik alias scrambled eggs perlu sedikit trik agar hasilnya telur tetap lembut dan gurih lezat!


Membuat orak-arik telur terlihat gampang, namun ada beberapa hal perlu diperhatikan agar hasilnya memuaskan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang mudah dipraktekkan.

1. Telur
Pilihlah telur yang segar, agar rasanya lebih gurih dan aromanya harum. Telur yang sudah lama akan lebih encer dan kurang tajam rasa gurihnya.


2. Jangan menambahkan cairan
Sebaiknya jangan menambahkan cairan berupa air, susu, atau krim segar ke dalam telur yang sudah dikocok. Cairan akan membuat telur lebih encer dan tidak menyatu dengan baik.


3. Mengocok
Pecahkan telur segar ke dalam mangkuk lalu kocok hingga tercampur rata dan sedikit berbuih. Telur harus benar-benar tercampur agar tidak terjadi gumpalan putih telur saat matang.

4 Telur merupakan bahan makanan yang mudah matang. Karenanya gunakan wajan antilengket untuk membuat orak-arik. Panaskan di atas api kecil, beri sedikit mentega hingga leleh. Tuangkan telur kocok dan masak hingga telur beku sempurna. Sebaiknya jangan terlalu kering karena akan membuat rasa telur kurang enak. Selalu sajikan dalam keadaan hangat!


5. Bumbu
Bumbu berupa merica dan garam bisa ditambahkan saat scrambled egg sudah matang agar aroma ladanya masih segar. Jika akan menambahkan sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur, atau tomat, tumis sebentar sebelum dicampur dengan telur kocok. Taburkan keju parut saat disajikan agar rasanya lebih enak.

Sumber:www.m.detikfood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar