Jumat, 11 Juli 2014

CHOCOLATE CHIPS DAN SPIKEL


Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Chocolate chips dan spikel seringkali dipakai sebagai campuran dan topping kue. Tidak hanya rasanya yang manis enak karena terbuat dari gula-gula dan cokelat. Bentuknya yang mungil unik berwarna-warni membuat kue jadi tambah cantik!


Chocolate chips, butiran cokelat ini bagian bawahnya bundar pipih berdiameter 1 cm dengan bagian ujung runcing. Ada pula yang bentuknya bulat mungil dan berukuran agak besar dengan berbagai macam warna seperti cokelat, putih, hitam, kuning, pink, dan lainnya.

Bahan dasarnya pembuat chocolate chips ini adalah cokelat. Selain warna cokelat biasanya ada pula yang berwarna putih karena terbuat dari white chocolate. Untuk yang warna-warni cerah dan manarik mata, seperti pink atau oranye biasanya ditambahkan zat pewarna makanan.

Ada dua jenis chocolate chips yang pertama bisa meleleh saat dipanggang dan ada pula yang tidak meleleh. Untuk kue atau cookies pilihlah chocolate chips yang tidak meleleh agar tampilannya tetap cantik. Selain itu bisa pula menggunakan spikel yang berwarna-warni terbuat dari gula-gula sebagai topping-nya agar tampak lebih cantik dan menggugah selera.

Spikel dan chocolate chips biasa dijual dalam bungkus plastik-plastik kecil dengan ukuran per ons. Keduanya banyak ditemukan di pasar, supermarket, dan toko bahan kue (TBK). Karena harga per kilogramnya lumayan mahal, biasanya dijual dalam kemasan-kemasan kecil per ons mulai dari Rp 7000,00 - Rp 15.000,00.

Pastinya keduanya merupakan salah satu bahan yang sangat berguna bagi mereka yang sedang atau ingin membuat kue-kue kering lebaran. Tentunya selain menambah lezat rasanya, tampilan kue pun makin menarik dan warna-warninya dijamin bakal memikat selera penikmatnya.
Sumber di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar