Kamis, 04 Juni 2015

TIPS DAN INFO (Mengenal Macam-Macam Sayuran "Kenikir")





Bismillah...

🍰Berbagi Tips dan Info🍰

🌿Mengenal Macam-Macam Sayuran🌿

3. Kenikir

Kenikir atau ulam raja (Cosmos caudatus) merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh Spanyol. Kenikir adalah anggota dari Asteraceae, yang berwarna ungu merupakan sayuran salad yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok.
Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai. Baunya seperti damar apabila diremas.



Daun kenikir yang masih muda dan pucuknya dapat digunakan untuk sayuran, dimakan mentah-mentah dan direbus lalap. Masyarakat Jawa sudah biasa menggunakan sebagai salah satu pelengkap pecel. Sayuran ini dapat ditemui di pasar-pasar.
Tumbuhan ini dapat digunakan untuk penyedap dan merangsang nafsu makan. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan biji, namun sayang sekali tumbuhan ini pada musim hujan mudah diserang hama jamur.

Sumber: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Kenikir


🍰Dapur Ummahat🍰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar