Selasa, 10 Juni 2014

JAGUNG KETAN\JAGUNG PULUT

 (Um"Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah)
 




🌽🌽🌽🌽🌽🌽🌽🌽

 Mungkin sebagian orang ada yang belum familiar dengan 'jagung pulut'. Ya memang, jagung ini diberi nama demikian karena memiliki tekstur seperti ketan alias pulen dan lengket. Beda dengan jagung umumnya yang berwarna kuning, jagung pulut berukuran lebih kecil, berwarna putih (ada juga yang kuning) dengan buliran jagung yang lebih besar.
         πŸŒ½πŸŒ½

 Walaupun di beberapa daerah di pulau Jawa jagung pulut dapat ditemukan, namun teksturnya lebih keras dibanding dengan jagung pulut Sulawesi. Ciri khas jagung pulut Sulawesi sangat empuk karena memiliki kandungan amilopektin yang lebih tinggi. Kandungan inilah yang membuat jagung memiliki sensasi lengket (sticky) dan lebih kenyal (source : antaranews.com).
           πŸŒ½πŸŒ½

Umumnya di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, jagung ini diolah dengan cara direbus. Pada saat mau disantap disajikan bersama sambelnya, campuran cabe garam dan perasan jeruk limau *duh jadi ngeces deh membayangkan*. Pokoknya benar-benar nikmat deh...walaupun dengan pengolahan minimalis alias cuman direbus....

🌽🌽🌽🌽🌽🌽🌽🌽
WA Dapur UmMahat
Sumber :http://hesti-myworkofart.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar