Selasa, 12 Juli 2016

TELUR GABUS / STIK KEJU


بسم الله الرحمن الرحيم



Bahan :
300 gr     tepung sagu/ kanji/ tapioka
100 gr    keju cheddar parut
3 butir    telur
75 gr    margarin
1 sdt masako/garam
minyak dingin secukupnya (untuk  menggoreng)
 

Cara membuat:

- Campur semua bahan jadi 1. Uleni sampai tercampur rata dan kalis atau bisa dibentuk.
- Ambil secuil adonan, gelintirkan dengan menggunakan kedua telapak tangan, sampai berbentuk silinder dan kedua ujungnya runcing. Telur gabus ini, makin langsing bentuknya makin renyah.
- Masukkan telur gabus yang sudah dibentuk ke dalam wajan yang telah dituangi minyak dingin. Jika telur gabusnya sudah mulai banyak. Goreng telur gabus,
nyalakan api kecil dulu, setelah telur gabus mulai mengembang naikkan ke api sedang. Goreng sampai kuning keemasan. Angkat tiriskan.
- Dinginkan kembali minyak goreng, sampai benar-benar dingin, kemudian bentuk lagi telur2 gabusnya, lalu goreng seperti sebelumnya. Begitu seterusnya sampai adonan habis.
- Setelah telur gabus dingin simpan di toples kedap udara. Siap disajikan.

Selamat Mencoba

*Note:

- Telur gabus ini ketika digoreng akan mengembang, jadi supaya renyah, buat telur gabusnya yang "langsing" aja yaa ummah.
- Telur gabus ini menurut ana adalah salah satu cemilan yang proses pembuatannya cukup lama. Untuk mengefisienkan waktu, gunakan dua wajan untuk menggoreng. Jika wajan hanya satu,  maka gunakan minyak goreng yang banyak, bagi minyak goreng menjadi dua.  Ketika selesai menggoreng, pindahkan minyak goreng yang panas pada wadah yang tahan panas, seperti panci. Pada wajan, masukkan minyak goreng dingin. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

 🌼Ummu Atiiqoh Buton

*بارك الله فيكن*

🍰Dapur Ummahat🍰

🌺 *Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa* 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar