Rabu, 08 Juni 2016

BOLU TJOKELAT

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismillah. Binti minta dibuatin blackforest cake. Setelah baca-baca resep di grup Dapur Ummahat, alhamdulillah ada gambaran. Jazakumullahu khairan buat antunna..

Bahan-bahan udah disiapin, tapi... Tetep aja pake metode standar jadul: bolu coklat ala nenek. Ya sudahlah pakai resep lama tapi tampilan baru... Tadinya mau ana kasih nama chococherry cake, tapi ndak pantes. Baiklah, kita sebut bolu tjokelat aja ya!



✔ _Bahan_:
4 butir telur
1 gelas gula halus
1 sdt emulsifier (gak pakai juga boleh)
1+1/2 gelas tepung terigu serbaguna
1/2 gelas coklat bubuk
125 g margarin, lelehkan
1 blok (± 160 g) dark cooking chocolate
3 tangkai cherry
500 g buttercream

✔ _Sirup untuk rendaman_:
4 sdm gula pasir
1/2 gelas air
1/4 gelas sirup cherry



✔ _Cara membuat_:
1. Kocok telur, gula halus, emulsifier sampai soft peak (kalau adonan ditarik ke atas, jatuhnya pelan lalu melengkung).
2. Panaskan oven suhu tinggi, semir dengan margarin, lapisi dengan kertas roti, semir margarin lagi. Sisihkan.
3. Ayak tepung terigu bersama coklat bubuk. Masukkan sedikit-sedikit (ana bagi tiga) ke dalam kocokan telur, aduk balik pakai spatula.
4. Setelah adonan tercampur rata, ambil 3-4 sdm untuk dicampurkan ke margarin cair. Aduk, tuang kembali sedikit-sedikit ke adonan bolu. Aduk balik pakai spatula sampai rata.
5. Tuang adonan ke loyang, panggang ± 45 menit suhu sedang.
6. Buat sirup: didihkan semua bahan sirup. Dinginkan.
7. Serut dark cooking chocolate sesuai selera. Ana potong-potong melintang ± 3 mm untuk "pagar" bolu. Sisanya ana serut kasar.
8. Potong tangkai 1 cherry, bagi jadi 4. Biarkan 2 cherry yang lain untuk hiasan utuh kue.
9. Saat bolu matang segera keluarkan dari oven (tusuk pakai tusuk sate, saat diangkat tidak ada adonan basah yang lengket, berarti udah matang ya). Balikkan agar panas bolu cepat keluar. Saat sudah dingin, belah jadi 2.
10. Siramkan sirup ke bolu, lapisi dengan buttercream. Tutup dengan potongan bolu, siram dengan sirup, lapisi lagi dengan buttercream di seluruh permukaan.
11. Tempelkan pagar coklat, taburkan serutan coklat, semprotkan buttercream di 4 sudut, beri potongan cherry. Semprotkan buttercream lagi di bagian tengah bolu, agak banyak, hias dengan 2 tangkai cherry.

*Note: Ahsan memakai benang untuk membelah bolu. Ana pakai pisau bolu aja, walhasil jadi miring *senyum. Untuk buttercream, sudah banyak resep di grup ini, insya Allah. Tinggal pilih dan contek salah satu aja ya. Ana pakai buttercream instan.

Semoga bermanfaat.

🌹Ummu Syakirah
(Sumber: resep-resep blackforest dapur ummahat & resep koleksi pribadi)

*بارك الله فيكن*

🍰Dapur Ummahat🍰

🌺 *Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa* 🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar