Jumat, 05 Juli 2019

MANFAAT PENGGUNAAN KALDU CAIR

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم



🥣 **Manfaat Penggunaan Kaldu Cair** 🥣

1. Sumber perasa alami.
Menurut IDAI, penggunaan gula dan garam pada bayi yang baru mengenal MPASI di bawah usia 1 tahun diberikan sesedikit mungkin. Bahkan, banyak sumber lain yang menganjurkan sebisa mungkin dihindari. Untuk itu, kaldu cair bisa digunakan sebagai sumber perasa alami pengganti gula garam yang membuat rasa makanan bayi lebih gurih dan enak.

2. Penambah nilai gizi dan nutrisi.
Karena umumnya dibuat dari protein hewani, penggunaan kaldu cair bisa jadi salah satu bahan untuk menambah nilai gizi makanan pada bayi, terutama protein, kalsium, dan mineral spt zat besi. .

3. Penambah berat badan bayi.
Ternyata penggunaan kaldu juga bisa jadi salah satu cara untuk boost BB bayi karena kandungan lemaknya yang tinggi. ( _biidznillah_ ). Bayi membutuhkan banyak lemak dan sedikit serat untuk tumbuh kembangnya, berbanding terbalik dengan orang dewasa.

4. Baik untuk tubuh.
Secara umum, kaldu memang baik untuk menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi maupun orang dewasa.

🥣 **Bahan Pembuatan Kaldu Homemade Untuk MPASI** 🥣

1. Bahan Utama.
Umumnya bahan utama yang digunakan adalah protein hewani, contoh: Ayam (bisa ayam kampung, tulang atau ceker ayam), Sapi (bisa bagian daging, iga, tulang sumsum, atau buntut sapi), dan Seafood (biasanya bagian kepala & tulang ikan salmon/kakap, kulit & kepala udang).

2. Bahan Tambahan.
Selain bahan utama, ada beberapa bahan tambahan yang biasanya ditambahkan saat proses perebusan, yang disebut Mirepoix (dlm bhs Prancis dibaca: Mirpoa). Mirepoix adalah aromatic vegetables yang digunakan agar citarasa kaldu menjadi lebih beraroma dan semakin sedap. Basic mirepoix yang biasa digunakan adalah wortel, bawang bombay, dan seledri yang dipotong besar. Selain itu, bisa juga ditambah daun bawang/loncang/bawang prei, bawang putih, bawang merah, atau tomat.

3. Peralatan yang dibutuhkan.
Cara irit dan manual pakai panci, sendok sayur, kompor, dan saringan kawat. Cara lebih praktis dan kalau ada dana lebih, bisa pakai slow cooker atau pressure cooker. Semuanya sama-sama bisa menghasilkan homemade kaldu yang lezat..

🥣 **Penyimpanan** 🥣

Selalu gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan kaldu cair. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri dengan bahan makanan lain di dalam kulkas dan membuat kaldu cair lebih awet. Wadah yang biasa dipakai adalah botol kaca BKA, ice tray yang bertutup, atau plastik ziplock. Bagi per porsi secukupnya dalam wadah untuk sekali pakai lalu bekukan di freezer.

🥣 **Daya Tahan** 🥣

Prinsipnya mirip seperti ASIP. Kaldu cair yang disimpan di chiller bisa bertahan 3-5 hari saja. Jangan lupa cicipi dulu sebelum digunakan untuk mengetahui kaldu cair masih bagus atau sudah basi.
Sementara itu, kaldu cair yang dibekukan dalam freezer bisa bertahan 1-3 bulan. Namun, sebaiknya usahakan habis dalam 1 bulan.

__Note__: Jangan membekukan kembali kaldu beku yg sudah dicairkan.

📚 __Dikutip dari berbagai sumber__

باَرَكَ الله فِيْكُنَّ


  •┈┈┈┈• ❀ ☕🍰☕ ❀ •┈┈┈┈•

 🍒 Channel Telegram >>> http://telegram.me/mpasi_dapurummahat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar