Senin, 23 Mei 2016

IKAN RICA RICA

بسم الله الرحمن الرحيم



✔Bahan:
- 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang, berat masing-masing 500 gram potong menjadi 4 bagian
- 1 butir jeruk nipis
- 1 sendok makan garam

✔Bumbu untuk menggoreng ikan, dihaluskan:
- 2 ruas jari kunyit (sekitar 3 cm)
- 2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
- 2 siung bawang putih dihaluskan

✔Bumbu rica-rica dihaluskan:
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 20 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 2 ruas jari jahe (sekitar 3 cm)
- 2 batang serai ambil bagian putihnya saja
- 1/2 sendok teh merica bubuk



✔Bumbu lainnya:
- 4 lembar daun jeruk nipis robek batang tengahnya
- 2 sendok teh garam
- 3 -4 sendok makan minyak untuk menumis

✔Cara membuat:
    Siapkan ikan tongkol, pilih ikan yang masih segar tandanya mata ikan masih utuh, bersinar dan jernih. Ketika sisi kepala dibuka maka insang tampak kemerahan dan segar. Daging terasa kenyal ketika ditekan dengan jemari tangan, kulit ikan tidak terkelupas dan isi perut tidak berhamburan kemana-mana.
    Bersihkan ikan, buang isi perut dan insangnya, saya juga membuang kepalanya. Beri air jeruk nipis dan garam, aduk rata dan diamkan selama 10 menit. Cuci bersih, tiriskan dan aduk bersama bumbu untuk menggoreng ikan. Diamkan selama 10 menit.
    Siapkan wajan atau penggorengan anti lengket, beri minyak agak banyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Goreng ikan hingga satu sisi agak kecoklatan saja, dan balikkan. Goreng ikan hanya setengah matang saja supaya tekstur ikan tidak keras. Menggoreng ikan tongkol terlalu lama akan membuat dagingnya alot dan liat. Angkat ikan dan tiriskan. Sisihkan.
    Siapkan wajan, beri 3 sendok makan minyak. Panaskan hingga minyak benar-benar panas. Tumis bumbu halus hingga harum, matang dan berwarna tidak pucat lagi, gunakan api kecil saja dan aduk-aduk bumbu selama ditumis. Jika minyak kurang tambahkan lagi karena minyak yang kurang akan membuat bumbu mudah gosong dan kurang matang.
    Masukkan bumbu lainnya, aduk rata. Tuangkan ikan goreng, aduk rata dan masak dengan api kecil hingga ikan matang sempurna. Cicipi rasanya, sesuaikan garam. Angkat.

*Note: kunci membuat tumisan bumbu yang sedap dengan rasa yang tidak cemplang adalah takaran minyak yang digunakan dalam menumis bumbu. Minyak yang kurang membuat tumisan kurang mantap rasanya.

🌼Ummu Husain Depok

بارك الله فيكن

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

🌺Menyajikan Resep Makanan Dengan Aneka Cita Rasa🌺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar