Kamis, 17 September 2015

HOMEMADE COCONUT BUTTER


Apa itu coconut butter? Kebanyakan orang berpikir bahwa coconut butter akan sama dengan minyak kelapa atau coconut oil. Namun, ternyata keduanya sangat berbeda. Minyak kelapa adalah ekstrak lemak dari daging kelapa. Untuk membuat minyak kelapa, daging kelapa diekstraksi hingga minyaknya keluar, lalu dagingnya disingkirkan.

​Sedangkan coconut butter berbeda. ​Coconut butter dibuat dari ​daging kelapa parut kering yang dihaluskan sampai keluar minyaknya. Kemudian, baik minyak dan cacahan daging tersebut dicampur sampai merata hingga membentuk konsistensi seperti pasta. Cara yang sama juga dipakai untuk membuat peanut butter atau almond butter.

Coconut butter biasanya berwarna putih dengan tekstur yang lembut dan creamy. Rasa dari coconut butter ini pun manis alami, dengan lemak nabati yang sehat. Lemak ini akan mencair dalam suhu yang tinggi, dan membeku jika Anda menaruhnya di dalam lemari es.

Coconut butter bisa menjadi alternatif sehat mentega dan selai sekaligus. Rasa manis alami dan creamy dari coconut butter ini menjadikan roti dan biskuit semakin enak. Kabar gembiranya lagi, Anda bisa membuat coconut butter ini sendiri. Anda bisa menyimpannya di dalam stoples kaca dan coconut butter bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Di dalam coconut butter ini, terkandung lemak dan serat yang banyak. Di dalamnya juga ada potasium, magnesium, dan mengandung kalori yang menyumbangkan energi.

Sekarang ini, telah banyak coconut butter yang dijual di pasaran. Produk coconut butter ini ada yang murni dari kelapa, ditambahkan garam, hingga ditambahkan rasa, seperti cokelat hingga kacang pecan (dikutip dari berbagai sumber).

Berawal dari Ulasan diatas ana jadi tertarik membuat sendiri dirumah walaupun warnanya tidak seputih yang dijual karena waktu diparut masih ada sedikit kulit arinya yang ikut...membuatnya sangat mudah...

Ala Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

1 butir kelapa buka kulit arinya lalu parut dan dikeringkan sampai benar-benar kering (karena musim kemarau ana menjemurnya dipanas terik matahari sampai kering kerontang), boleh juga mengeringkan pakai oven tapi usahakan jangan sampai kecoklatan..
Setelah kering, langsung di haluskan dgn food prosessor selama 20 menit sampai halus berminyak menyerupai pasta, kalau tidak ada FP bisa di blender dry mil atau diulek aja... taruh diwadah selai siap digunakan untuk olesan roti panggang atau untuk adonan Coconut butter cookies...

WA 🍰DaPuR UmMaHaT🍰

1 komentar:

  1. MasyaAllah tabarakallah, jazakillahu khoyr sharing reswonya umm.. Barakallahu fiik.
    InayaAllah pwngen coba bikin sndr jg 💕

    BalasHapus