Jumat, 22 Mei 2015

MENGENAL BUMBU DAPUR (OREGANO)




Bismillah...

🍰Berbagi Tips dan Info🍰

🌰Mengenal Bumbu Dapur🌰

18. OREGANO

🍀Oregano (oreganum vulgare) atau Pot Marjoram adalah sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania, Asia Tengah dan Asia Selatan.

🍃Daun oregano berwarna hijau, dan merupakan keluarga mint yang memiliki aroma kuat, berasa hangat dan sedikit pahit. Oleh karena itu, tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap rasa dan pengharum aroma pada makanan khas Italia seperti pizza dan spaghetti.

🌹Sebagaimana tumbuhan herbal lainnya, manfaat daun oregano sangat beragam, baik sekedar hiasan, dalam masakan maupun untuk kesehatan.

🌻Berikut manfaat daun oregano yang bisa kita rasakan:

1. Manfaat oregano sebagai tanaman hias

Tanaman oregano merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi 20 – 80 cm. Dengan tinggi tersebut, tanaman oregano bisa digunakan sebagai pagar hidup di pekarangan rumah.

2. Manfaat oregano dalam masakan

Daun dan bunga oregano kering dapat dijadikan rempah yang berfungsi sebagai bumbu masakan. Selain sebagai topping pada masakan khas Italia yaitu pizza dan spaghetti, oregano juga bisa digunakan sebagai bahan perasa agar minyak zaitun tidak terlalu hambar.

3. Manfaat oregano bagi kesehatan

Oregano mengandung zat besi, mangan dan vitamin A. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga energi dan mencegah kelelahan.

🌷Mengunyah daun oregano sebanyak tiga kali sehari bagi para wanita yang sering mengalami nyeri haid juga akan mengurangi rasa nyeri haid tersebut. Oregano juga merupakan sumber vitamin C yang bisa membantu meredakan iritasi pada gusi.. Bi Idznillah...

📚Sumber:

http://www.teruskan.com/40707/daun-oregano-dan-beragam-manfaatnya.html

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

🍰Dapur Ummahat🍰

1 komentar: