Rabu, 18 Februari 2015

Terubuk atau bunga tebu ini ternyata bisa dijadikan sayur....

Siapa yang tak kenal dengan tebu? Batang pohon yang manis dan mengandung gula. Tapi apa jadinya kalau bunga si pohon yang manis ini dijadikansayur? Penasaran?
Mungkin masih banyak yang tidakmengetahui kalau terubuk atau bunga tebu ini ternyata bisa dijadikan sayur. Tanaman yang bernama latin Saccharum edule Hasskarlini meskipun termasuk kedalam jenis bunga tapi bentuknya sama dengan tanaman tebu yaitu memiliki batang yang beruas-ruas dan warna batangnya hijau kemerahan.


Di beberapa daerah seperti Jawa Barat, terubuk dikenal dengan nama tiwu endog atau terubus, sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan tebu endog atau tebu terubuk. Sebutan endog atau telur dikarenakan pada tanaman ini bagian yang dimakan ini teksturnya mirip dengan telur ikan.



Meskipun terubuk sering dibilang sayur 'ndeso', bunga tebu ini ternyata kaya akan nutrisi dan zat-zat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsiumdan fosfor disampingvitaminC yang tak kalah tinggi.
Biasanya terubuk yang biasa dimakan adalah yang berusia sekitar lima bulan. Bagianyang dipanen adalah bagian 'malai' yang masih muda, sedangkan yang dikonsumsi adalah bagian bunga yang terbungkus dengan pelepah daun atau dikenal dengan istilah kelobot.
Terubuk biasa dimakan dalambentuk mentah sebagailalaban, dikukus atau ditumis. Selain itu, terubuk juga biasa dimasak menjadi sayur lodeh, sebagaicampuran kare, dan juga sayur asem. Namun ada juga yang mengkonsumsi dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung atau dibuat perkedel. Terubuk bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional seperti di pasar Cikini Ampiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar