Selasa, 12 Agustus 2014

MANFAAT IKAN BANDENG


Um Muhammad Al Bugiziyyah Al Buniyyah

Ikan Bandeng adalah jenis ikan yang populer di Asia Tenggara. Ikan ini hanya satu-satunya jenis yang masih tersisa dari keluarga Chanidae. Bandeng hidup di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan hidup sebagai kelompok sekitar tepi pulau dan karang pulau. Ikan muda biasanya bertahan hidup selama 2-3 minggu di laut kemudian pindah ke rawa mangrove yang memiliki air asin, terkadang juga pada danau yang berair asin. Bandeng akan kembali ke laut jika dewasa dan bisa berkembang biak lagi.




Ikan Bandeng memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 20,38% sehingga baik sebagai sumber pemenuhan kebutuhan protein tubuh. Berdasarkan Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (1996), kandungan Omega 3 pada Bandeng (14,2%), Sardines/Mackerel (3,9%), Salmon (2,6%), dan Tuna sebesar 0,2%. Namun sayangnya, ikan bandeng memiliki banyak duri kurang lebih 164 duri atau 82 pasang duri.

Ikan bandeng termasuk rendah kolesterol. Lemak jenuh merupakan salah satu penyebab dari penyumbatan darah arteri yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin adalah salah satu cara diet yang bagus untuk mencegah penyakit jantung koroner. Ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat mencegah pembekuan sel darah granul, sehingga mengurangi risiko arteriosklerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak pada bandeng memiliki karakteristik hipokolesterolemik yang menurunkan kadar kolesterol darah. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan penting untuk perkembangan otak janin juga pengembangan sistem neuron yang lain.

Berikut manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi ikan Bandeng:
Mencegah penyakit jantung koroner.
Menurunkan kadar kolesterol darah.
Meningkatkan daya tahan tubuh.
Membantu pertumbuhan sistem sarat serta perkembangan otak.
Mencegah penyakit karena kekurangan gizi mikro.
Mengurangi resiko hipertensi.

Sumber:

http://www.beritaterkinionline.com/2012/05/keunggulan-dan-manfaat-ikan-bandeng.html

http://www.2rek.com/manfaat-ikan-bandeng-bagi-kesehatan/

WA DaPuR UmMaHaT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar